Home Bali

Pasar Seni Ubud Belanja Souvenir Unik

Pasar Seni Ubud
Pasar Seni Ubud
Very PoorPoorFairGoodExcellent
4,50/6 Review
Loading...
Pasar Seni Ubud

Pasar Seni Ubud ini adalah sebuah pasar tradisional yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Pasar ini berfungsi juga sebagai pelengkap tempat pariwisata yang bertebaran di wilayah Ubud. Barang berkualitas, namun bisa dijangkau dengan harga yang murah menjadi salah satu daya tarik. Pasar ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang akan belanja oleh-oleh di Ubud.

Karena keunikannya, salah satu film Holywood pernah memilih tempat ini sebagai latarnya. Film Eat pray and love yang bintangi oleh Julia Robert terlihat begitu lengkap dengan latar pasar ini. Dengan film ini juga pasar Seni Ubud menjadi lebih dikenal di dalam negeri dan luar negeri. Para wisatawan yang belum pernah berkunjung, pasti penasaran dengan keunikan yang nampak di film tersebut.

Aneka Souvenir Khas Ubud Bali

Dengan nama pasar Seni Ubud, pasar ini tentunya mengandalkan barang-barang khas untuk menjadi oleh-oleh. Wisatawan dapat membeli berbagai macam oleh-oleh dengan jumlah dan harga yang bervariasi. Mulai dari barang pajangan, pakaian, dan peralatan dapur. Yang paling disukai oleh para wisatawan adalah harganya yang relatif murah.

Kerajinan tangan yang dijual di pasar seni Ubud ini hampir semuanya bertemakan Bali dan sebagian memiliki fungsi. Misalnya, seperti anyaman dari rotan dan bambu untuk peralatan dapur. Melalui keterampilan tangan orang Bali, peralatan dapur pun bisa jadi barang seni yang bernilai tinggi. Di pasar ini, peralatan tersebut bisa wisatawan beli dengan harga yang murah.

Aktivitas wisatawan di pasar seni ubud
Aktivitas wisatawan di pasar seni ubud

Kerajinan lain yang biasa dijadikan oleh-oleh Bali adalah kerajinan topeng. Seni ukir topeng di Bali juga terkenal dengan topeng Barongnya yang menyeramkan. Bagi wisatawan yang ingin membelinya, topeng barong juga tersedia di pasar seni Ubud ini. Selain topeng, seni ukir lainnya yang dijual di sini adalah patung-patung yang memiliki nilai seni tinggi.

Baca: Museum Puri Lukisan Paduan Seni Lukis Bali & Modern

Patung dewa dan patung penari Legong biasanya banyak terdapat hampir di seluruh kios yang ada. Masih banyak lagi karya seni yang bisa wisatawan bawa di pasar Seni Ubud ini. Baju khas Bali yang memiliki desain khusus, unik dan nyeleneh pun ada di pasar ini. Gantungan kunci, sandal jepit, manik-manik, alat music, tas anyam dan makanan tradisional pun ada di sini.

Wisatawan juga bisa membeli makanan khas Bali yang bisa dibawa pulang tanpa khawatir basi. Pie susu khas Bali biasanya jadi pilihan utama untuk di bawa pulang. Selain itu, para pedagang di sini juga sudah mahir dalam berbahasa Inggris. Walaupun secara sekilas, wisatawaan tidak akan percaya bahwa para pedagang jago bahasa Inggris.

Transportasi Ke Pasar Seni Ubud

Banyak alternatif kendaraan jika anda ingin pergi ke kawasan wisata Ubud khususnya ke pasar seni Ubud. Pertama wisatawa bisa menumpang jasa Shuttle Bus (Kura-Kura Bus). Wisatawan bisa menuju DFS T Galleria Bali di Jalan By pass Ngurahrai sebagai titik awal perjalanan shuttle bus ini. Untuk menuju DFS T Galleria, carilah halte dan beli tiketnya seharga 80 ribu untuk satu kali jalan. Jadwalnya dimulai pukul 09.00, 11.00, 13.00, 15.00 dan 17.00.

Kerajinan Bambu
Kerajinan Bambu

Pilihan kedua wisatawan bisa menggunakan bus Trans Sarbagita. Dari bandara Ngurahrai, wisatawan bisa menuju ke sentral parkir Kuta. Kemudian naik bus Trans Sarbagita ke Batu Bulan dengan ongkos Rp3.500. Dari Batu Bulan, wisatawan bisa melanjutkan dengan naik bemo (sebutan angkot di Bali) menuju Ubud dengan ongkos kira-kira Rp5000 rupiah.

Fasilitas

Fasilitas di Pasar Seni Ubud juga sudah tertata dengan rapih. Jalanan atau lorong pasar tradisional yang biasanya kumuh, tidak terlihat di pasar Seni Ubud. Jalanan yang ada di Pasar Seni Ubud ini sudah dilengkapi dengan lantai paving yang nyaman. Kebersihan dan kerapihan nampaknya disadari sebagai bagian penting dari kenyamanan. Makanya wisatawan pasti betah berbelanja di pasar seni ini.

Baca: Istana Ubud Puri Saren Agung Kemegahan Abad Lampau

Fasilitas penunjang di tempat ini juga sudah sangat baik. area parkir, warung makan, kamar mandi/toilet, dan lain-lain. bagi wisatawan yang memutuskan akan menginap di dekat lokasi pasar, fasilitas hotel dan penginapan juga sudah tersedia. Sangat mudah menemukan penginapan atau hotel di dekat lokasi pasar. Pastinya, wisatawan yang berkunjung ke pasar seni ini akan sangat nyaman berbelanja.

Tempat wisata Sekitar Pasar Seni Ubud

Selama berada di Ubud, wisatawan bisa menjajaki beberapa tujuan wisata selain berbelanja di pasar seni Ubud. Beberapa tempat wisata bisa dikunjungi sesuai dengan keinginan. Jika wisatawan ingin berwisata sejarah dan arsitektur, bisa mengunjungi Puri Ubud atau Puri Saren. Wisatawan yang ingin menikmati karya seni juga bisa berkunjung ke Museum arma dan museum puri Lukisan. Wisata alam juga bisa jadi alternative seperti, Monkey Forrest.

Lokasi Pasar Seni Ubud

Pasar Seni Ubud berada tepat di jantung Desa Wisata Ubud. Berjarak kurang lebih 30 Km dari kawasan Kuta Bali. Tepatnya berada di alamat Jalan Raya Ubud No.35, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here