Home Lainnya

Garuda Wisnu Kencana GWK Bali: Tiket, Atraksi & Aktivitas

0

Garuda Wisnu Kencana atau biasa disingkat GWK merupakan taman wisata yang berlokasi di Bali. Berlokasi di Nusa Dua dan berjarak kurang lebih 40 km ke arah selatan dari Denpasar. Di area taman juga saat ini sedang dilaksanakan proses pembangunan patung, rencana selesai pada Agustus 2018.

Patung yang diprakarsai Nyoman Nuarta, akan menjadi patung tertinggi ke-2 di dunia, dengan tinggi 121 meter. Tinggi patungnya memang masih kalah dengan Spring Temple Buddha di China, 153 meter. Masih di kawasan yang sama, wisatawan juga bisa melihat patung lain yang ada di belakang Plaza Wisnu. Yaitu Garuda Plaza yang tingginya mencapai 18 meter.

Sekarang ini, patung tersebut masih menjadi lokasi utama dari lorong yang berukiran batu. Setelah melewati lorong, wisatawan akan melihat ruang terbuka, luasnya lebih dari 4000 meter persegi. Pilar yang dibuat dari batu kolosal dan adanya patung Lotus pond membuat ruangan terlihat sangat eksotis.

Area tersebut juga mampu menampung sampai 7000 orang. Sehingga tidak heran bila lokasi ini sudah terkenal sampai tingkat internasional. Selain itu, masih di kompleks GWK, wisatawan juga bisa menemukan patung tangan Wisnu. Patung tersebut adalah bagian tubuh dari Patung Dewa Wisnu.

Garuda Wisnu Kencana GWK Bali
Garuda Wisnu Kencana GWK Bali

Kehadiran Garuda Wisnu Kencana sangat memberikan dampak besar. Selain bisa menjadi salah satu landmark untuk pariwisata Bali, juga bisa menjadi bukti Indonesia mampu melahirkan mahakarya dunia.

Harga Tiket Masuk Garuda Wisnu Kencana – GWK Bali

Tiket masuk GWK dibedakan berdasarkan usia. Tiket masuk anak dan tiket masuk dewasa. Harga tiket juga ditawarkan dengan paket makanan. Berikut harga tiket masuk GWK Garuda Wisnu Kencana.

Tiket GWK Garuda Wisnu Kencana
AnakRp60.000
DewasaRp80.000
Anak + MakanRp120.000
Dewasa + MakanRp150.000

Jam Buka GWK Bali

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana dibuka dari pagi sampai malam hari. Pengunjung bisa mendatangi dan menyaksikan berbagai atraksi di GWK Bali selama jam operasional tersebut.

Jam Buka GWK Garuda Wisnu Kencana Bali
Setiap Hari08.00 – 22.00 WITA

Aktivitas & Atraksi Garuda Wisnu Kencana

Saat mengunjungi Garuda Wisnu Kencana, ada beberapa aktifitas yang wajib dilakukan, diantaranya:

Patung Dewa Wisnu, Burung Garuda dan Lotus Pond

Melihat pesona patung yang ada di Garuda Wisnu Kencana merupakan hal paling pertama harus dilakukan. Ada beberapa patung, yaitu Dewa Wisnu, Burung Garuda dan juga Tebing Kapur Lotus Pond. Wisatawan bisa berfoto di sekitar patung, namun masih tetap harus berhati-hati. Jangan sampai merusak dan mencoret-coretnya. Di dalam Lotus Pond juga wisatawan bisa melihat betapa artistiknya area tersebut.

Area Lotus Pond

Melihat Kolam Air Suci

Di sekitar Patung Dewa Wisnu, teradapat sebuah kolam yang dipercaya berasal dari air mata suci. Menurut kepercayaan juga, air tersebut bisa melancarkan jodoh, rezeki dan menyembuhkan penyakit. Wisatawan juga dipersilahkan untuk meminum airnya. Tenang saja, tidak akan dipungut biasa bila memang ingin merasakan kesegarannya.

Menonton Pagelaran Seni

Di GWK wisatawan juga bisa menonton pagelaran seni yang biasa menampilkan atraksi budaya. Tidak perlu khawatir kehabisan waktu, sebab acara digelar dari pagi hingga malam. Beberapa pertunjukan juga biasanya digelar di teater terbuka.

Selain itu, wisatawan juga bisa menemukan amfiteater, tempat pagelaran seni tari khas Bali, seperti Barong, dan Kecak. Tak jarang, penampilan tari modern juga disuguhkan untuk menghibur para pengunjung.

Sementara di lokasi Lotus Pond juga wisatawan bisa menonton berbagai macam acara besar, seperti konser musik. Namun biasanya, wisatawan akan dikenakan tarif cukup mahal untuk melihat acara yang digelar di sana.

Aktivitas Outbound

Masih di lokasi Lotus Pond, wisatawan bisa menemukan fasilitas flying fox yang wajib dicoba. Ada juga wahana lain yaitu berjalan di atas ketinggian serta menjelah menggunakan ATV. Wahana permainan yang disediakan memang cukup memicu adrenaline, namun dijamin akan sangat sangat seru.

Namun tenang saja, bila tidak berani dengan wahana yang agak seram, bisa juga menikmati yang lebih ringan. Misalnya saja, wisatawan bisa menikmati Segway, alat yang secara otomatis dijalankan memakai listrik.

Area Lotus Pond

Berkunjug ke Balairung Dewi Sri

Saat sedang di GWK, jangan lupa juga untuk menyempatkan datang ke Balairung Dewi Sri. Ini merupakan sebuah aula yang di dalamnya ada banyak layanan gratis untuk wisatawan. Beberapa pelayanan tersebut seperti, pembuatan karikatur, melukis kuku, kepang rambut, dan membuat tato.

Baca: Tempat Wisata Di Sekitar GWK

Masih di lokasi yang sama, wisatawan juga berkesempatan untuk bisa menonton film Kecak Garuda Wisnu. Sebuah film yang secara khusus dibuat oleh tim pengelola dan dipertontonkan secara gratis untuk wisatawan.

Berphoto di GWK Photo Studio

Jangan lupa untuk selalu mengambil pengalaman baru saat mengunjungi tempat wisata ya. Kalau di GWK, wisatawan juga berkesempatan mengenakan pakaian adat Bali. Namun, untuk mencobanya harus langsung datang ke GWK photo studio. Dengan kostum yang lengkap, bebas memilih background, bisa langsung dicetak tentu saja ini sangat wajib dicoba.

Tapi, untuk melakukan sesi photo wisatawan juga masih akan dikenakan tarif. 200 ribu, akan mendapatkan 1 background dan 1 cetak photo berukuran 6R. Bila datang bersama pasangan, wisatawan bisa mengeluarkan biaya 300 ribu saja. Harga tersebut sudah mendapatkan photo 3 background dengan dan dicetak 2 photo, ukuran 6R. Bagi keluarga, bisa membayar 600 ribu, langsung mendapat 6 background dan 3 cetak photo 6R.

Bila tidak ingin di dalam studio, wisatawan bisa meminta untuk melakukan pemotretan di luar ruangan. Ada beberapa spot bagus yang bisa dijadikan latar belakangnya. Namun untuk layanan di luar ruangan akan sangat terbatas, hanya melayani dari pukul 10.00-17.00 saja.

Mati Air Suci GWK
Salah satu atraksi pemberian air suci ke pengunjung

Fasilitas Garuda Wisnu Kencana

Untuk fasilitas, wisatawan tidak perlu merasa khawatir. Pihak pengelola sudah menyediakan berbagai macam fasilitas ideal sesuai dengan kebutuhan. Apalagi karena GWK cukup sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara public maka fasilitasnya harus dimaksimalkan. Selain aula, ada beberapa fasilitas infrasturktur pendukung lain yang juga khusus dibuat untuk wisatawan.

Beberapa fasilitas tersebut seperti Wisnu Plaza, Teater Terbuka, Lotus Pond, Amphitheater, dan Indraloka Garden. Sementara bagi yang ingin menikmati kuliner Bali, wisatawan bisa datang ke Restoran Jendela Bali dan The New Beranda. Di lokasi yang sama, ada juga fasilitas toko souvenir yang ingin membeli cindera mata khas lokal.

Angkutan Umum Ke GWK Bali

Untuk akses agar bisa sampai ke taman budaya GWK tidak terlalu sulit, karena lokasinya cukup strategis. Berada di Jalan Raya Uluwatu Ungasan. Namun sayangnya angkutan umumnya cukup terbatas. Wisatawan bisa menggunakan bis Sarbagita. Bila cukup kesulitan mencari terminal terdekat, bisa naik ojek online saja.

Bila ingin naik motor sendiri, bisa menyewa langsung di dekat Kartika Plaza, Pantai Kuta sampai Seminyak. Bagi wisatawan yang mengambil titik keberangkatan dari Bandara Ngurah Rai, bisa langsung naik taksi.

Jarak tempuhnya 11,5 km, bila tidak macet bisa sampai dalam waktu 22 menit saja. Sementara bila titik keberangkatan dari terminal ubung, biasanya waktu yang ditempuh bisa sampai 1 jam. Ini karena jaraknya lebih jauh.

Alamat Garuda Wisnu Kencana

Taman Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Kuta Selatan tepatnya di Jl. Wisnu Bratha, Ungasan, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361, Indonesia.

4.2 / 5. - 17

No votes so far! Be the first to rate this post.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here