Home Lainnya

Pura Tanah Lot Bali: Tiket, Atraksi & Aktivitas

0

Destinasi wisata di Bali memang cukup beragam, mulai wisata budaya, alam sampai religi pun ada. Reputasinya yang sudah mendunia membuat Bali menjadi tempat terfavorit turis lokal dan asing untuk dikunjungi. Salah satu lokasi wisata yang ada di Bali dan wajib dikunjungi adalah Pura Tanah Lot. Disini wisatawan dapat melihat keberadaan pura di atas batu karang yang menjadi ikon Tanah Lot.

Tempat ini juga dikenal sebagai daya tarik lokasi wisata yang tidak hanya menyuguhkan pesona alamnya saja. Wisatawan bisa menikmati wisata religi umat Hindu, terlepas dari nilai spiritual dan budayanya. Ada 2 pura yang bisa wisatawan kunjungi untuk sekedar melihat, atau bagi umat Hindu bisa bersembahyang.

Lokasi pura pertama adata tepat di atas sebuah bongkahan batu. Sementara untuk pura lainnya ada di atas tebing yang mirip seperti Pura Uluwatu Bali. Berdasarkan kepercayaan umat Hindu, pura ini merupakan tempat pemujaan dewa penjaga laut. Sehingga bagi mereka umat Hindu, nilai spiritual saat mengunjunginya akan sangat kental dan terasa sekali.

Sementara menurut legenda, pura-pura tersebut dibangun oleh brahamana sang pengembara dari Jawa yaitu Danghyang Nirartha. Brahmana Danghyang berhasil menyebarkan kepercayaan Hindu pada masyarakat Bali. Kemudian pada abad ke-16 ia mulai membangun Sad Kahyangan. Sementara itu, ada seorang penguasa lain yang merasa iri kepadanya bernama Bendesa Beraben.

Sunset di Pura Batu Bolong. img: wikicommons/CEphoto, Uwe Aranas

Ia memerintahkan Danghyang untuk meninggalkan Tanah Lot. Danghyang pun menyanggupinya, namun sebelum itu ia harus memindahkan bongkahan batu ke tengah pantai. Dengan kekuatan yang dimiliki Danghyang akhirnya berhasil memindahkannya dan membangun sebuah pura di atasnya.

Harga Tiket Tanah Lot

Tiket Pura Tanah Lot dibedakan berdasarkan anak dan dewasa. Bisa didapat dengan harga mulai dari Rp15.000.

Harga Tiket Tanah Lot
DewasaRp20.000
AnakRp10.000

Jam Buka Pura Tanah Lot

Pura Tanah bisa dikunjungi mulai dari pagi sampai sore hari. Jam operasional mulai dari pukul 7.00 – 09.00 WITA. Sore hari pengunjung bisa menyaksikan pentas seni tari kecak.

Jam Buka Pura Tanah Lot
Pura Tanah Lot07.00 – 19.00 WITA
Tari Kecak17.00 – 19.00 WITA

Berbagai Aktivitas Di Pura Tanah Lot

Beberapa aktivitas yang bisa wisatawan lakukan saat mengunjungi Tanah Lot, diantaranya:

Berkunjung ke Pulau Karang dan Melihat Pura

Tanah Lot sudah sangat dikenal sebagai lokasi wisata yang biasa digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu. Aktivitas yang bisa wisatawan lakukan disini adalah mengunjungi pulau karang dan melihat pura. Agar bisa menikmati pesona pulau dan pura, wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu ketika airnya surut. Namun bila sedang pasang jalan akan ditutup sementara waktu. Dari kejauhan, wisatawan juga sudah bisa melihat sebuah pulau karang dengan 2 puranya.

Sehingga bila ingin menikmati pesona pulau karang dan puranya, sangat dianjurkan datang soreng hari. Karena saat itu air sedang surut dan pintu sudah dibuka kembali. Saat berkunjung jangan lupa untuk menghormati peraturan yang telah dibuat. Salah satunya adalah, pura hanya boleh dimasuki oleh umat Hindu saja. Bagi yang non-Hindu, masih tetap bisa menikmati sekeliling pura dan merasakan aura spiritualnya.

Pura Batu Bolong Tanah Lot
Pura Batu Bolong Tanah Lot. img: wikicommons/Felly A

Berkunjung ke Gua Ular Suci

Selain bisa menikmati pulau karang dan puranya, wisatawan juga bisa langsung berkunjung ke sebuah gua. Gua tersebut dinamakan Gua Ular Suci. Wisatawan tidak boleh sembarangan membunuh ularnya, sebab umat hindu percaya bahwa itu adalah ular suci. Beberapa ular yang ada adalah jenis ulat laut berkulit belang dan berbisa yang dipercaya sebagai penjaga pura.

Namun, meskipun ularnya cukup berbahaya wisatawan juga masih bisa berfoto. Asalkan ditemani oleh sang pawang, semuanya masih bisa aman. Untuk bayarannya, akan dipungut secara sukarela lewat kotak yang sudah disiapkan.

Berkunjung ke Gua Air Suci

Masih berada di dalam Gua Ular, wisatawan bisa melihat gua lainnya yaitu Gua Air Suci. Di dalam gua tersebut terdapat mata air yang berasal langsung dari laut. Gua tersebut juga terkenal dengan sebutan Tirta Pabersihan, merupakan gua air suci yang dianggap keramat. Selain biasa dipakai oleh umat Hindu, wisatawan yang berkunjung juga boleh meminumnya.

Saat meminum air tersebut, akan terasa segar dan tidak akan ada rasa asin. Masyarakat Tanah Lot sangat percaya bahwa dengan mengkonsumsi airnya maka bisa memberikan manfaat besar. Misalnya saja, bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit serta meningkatkan kesuburan bagi suami istri. Terlepas dari kepercayaan tersebut, sebaiknya coba saja, karena kapan lagi bisa merasakan air sucinya.

Baca: Tempat Wisata Dekat Tanah Lot

Menyaksikan Ritual Keagaaman

Di Tanah Lot wisatawan juga bisa menyaksikan acara keagamaan secara langsung yang biasa digelar oleh umat Hindu. Seperti upacara Piodalan atau hari jadinya pura, biasanya setiap 210 hari sekali berdasarkan kalender saka. Sehingga bila ingin menyaksikannya sebaiknya wisawatan bisa menyesuaikan dengan waktu penyelenggaraanya.

Karena upacara tersebut bukan upacara biasa yang bisa digelar setiap saat. Wisatawan bisa mengabadikan momen langka ketika umat Hindu membawa sesajen dan kegiatan lainnya. Sakral dan langka menjadikan acara tersebut sangat istimewa bagi para wisatawan.

Sunset di Tanah Lot

Aktivitas lain yang juga bisa dilakukan di Tanah Lot adalah melihat pesona matahari terbenam atau sunset. Tidak sedikit wisatawan yang rela menunggu waktu untuk bisa menyaksikannya. Sehingga menjelang sore, Tanah Lot akan dipenuhi oleh banyak wisatawan. Di kejauhan, terlihat awan berwarna merah keemasan dan memberikan efek pencahayaan alami pada pura. Siapkanlah kamera, bila mendapatkan momen langka tersebut.

Sunset di Pura Tanah Lot
Sunset di Pura Tanah Lot. img: wikicommons/Redlands597198

Bila ingin melihat waktu paling sempurna untuk menikmati sunset, dianjurkan untuk datang pukul 17.00. Namun, setelah selesai melihat sunset sebaiknya jangan langsung pergi ya. Akan ada pertunjukan kecak dance di sekitar Taman Budaya Surya Mandala.

Lokasinya dekat dengan pura Batu Bolong atau Restoran Melasti. Wisatawan yang ingin menonton akan dipungut biaya Rp50.000 per orang. Harga tersebut cukup murah dengan penampilan kecak yang sangat mahal.

Fasilitas Pura Tanah Lot

Saat berkunjung ke Tanah Lot, wisatawan tidak perlu merasa khawatir dengan fasilitasnya. Sebab disini bisa dibilang sudah cukup lengkap dan juga memadai. Areal parkir untuk yang membawa kendaraan bisa menampung mobil, motor dan juga bus. Di lokasi parkir juga terdapat warung makanan dengan harga lokal. Bila ingin yang lebih mahal, bisa membelinya ke restoran yang masih berada di dekat area parkir.

Fasilitas umum lainnya juga sudah lengkap, seperti toilet, mesin ATM, dan beberapa toko cindera mata. Sementara bagi yang ingin menginap, wisatawan juga bisa menemukan banyak penginapan dengan harga beragam. Dari mulai yang bertarif backpacker sampai tariff kelas atas dengan fasilitas yang menyesuaikan harga.

Angkutan Umum Ke Pura Tanah Lot

Untuk menuju Tanah Lot, Bali wisatawan bisa menemukan kendaraan pribadi. Baik roda dua atau empat, akses jalannya sudah sangat mendukung. Sementara bila ingin menggunakan transportasi umum, ada banyak pilihan. Paling mudah dan bisa cepat didapat adalah taksi. Bila dari Bandara, wisatawan bisa langsung menemukan banyak taksi yang bisa dinaiki langsung.

Ada juga beberapa ojek di sekitar bandara, bila memang perjalanan ingin lebih cepat maka bisa naik ojek. Sementara bagi yang naik bus kota, bisa naik bis Trans Sarbagita, Koridor 6. Bis tersebut ada di jalur Kuta-Tanah Lot.

Lokasi Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot berlokasi di alamat Jl. Tanah Lot, Beraban, Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali, Indonesia.

4.6 / 5. - 16

No votes so far! Be the first to rate this post.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here