Home DI Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta Tiket, Aktivitas & Wahana

2
Very PoorPoorFairGoodExcellent 4.55 | 11 votes
Taman Pintar Yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta salah satu tujuan wisata selain sebagai tempat rekreasi juga tempat yang baik untuk belajar anak-anak. img: tamanpintar.co.id

Meski namanya sama, Taman Pintar Yogyakarta sangatlah berbeda dengan Taman Pintar lain di Jakarta maupun Bandung. Target utama Taman Pintar Yogyakarta adalah mendukung program pendidikan dan kreativitas anak sedini mungkin.

Program tersebut dikemas dalam bentuk game-game pembelajar yang menarik agar minat anak terhadap belajar meningkat. Lokasinya tepat berada disebelah timur Jalan Malioboro, menyediakan bermacam wahana permainan yang edukatif.

Intinya, Taman Pintar Yogyakarta sudah seperti laboratorium rekreasi yang dikemas sedemikian rupa untuk anak-anak. Wahana-wahana yang ada di dalamnya tidak hanya ditujukan bagi anak-anak namun juga untuk orang dewasa. Ada beberapa wahana penting dan menarik yang dapat dikunjungi.

Sebut saja Desaku Permai, Wahana Bahari, Parabola Berbisik hingga Gedung Planetarium yang menyenangkan. Adanya Taman Pintar di Yogyakarta ini sangatlah berguna dalam memperkenalkan sains kepada anak-anak sejak dini.

Taman Pintar Yogyakarta Simulator Cuaca
Zona Cuaca, Iklim & Gempa Bumi. img: tamanpintar.co.id

Mengenalkan sains kepada anak-anak sejak usia dini memang menjadi fokus Taman Pintar Yogyakarta. Hal inilah yang membuat Pemerintah merelokasi area yang dulunya adalah Shopping Center menjadi tempat yang lebih berguna.

Banyak pengujung berminat ke tempat yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 16 Desember 2008 tersebut. Selain karena tempatnya yang asyik dan program yang kreatif, juga karena lokasinya yang strategis.

Jam Buka Taman Pintar Yogyakarta

Jam Buka Taman Pintar Yogyakarta
Selasa – Minggu09.00 – 16.00 WIB

Taman Pintar Yogyakarta mulai buka pada hari Selasa – Minggu, kecuali hari Senin dan libur nasional. Jam buka-nya dimulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Taman Pintar Yogyakarta

Tiket Taman Pintar Yogyakarta
Tiket Masuk – HTMHarga Tiket
Tiket DewasaRp20.000
Tiket AnakRp12.000
Wahana
Oval – Kotak DewasaRp20.000
Oval – Kotak AnakRp12.000
PlanetariumRp22.000
Wahana BahariRp4.000
Lalu Lintas Anak Pra TK/TKRp12.000
Teater 4D DewasaRp20.000
Teater 4D AnakRp15.000
Dino Adventure DewasaRp25.000
Dino Adventure AnakRp20.000
Hand on ScienceRp10.000
Broadcasting (Presenter TV)Rp15.000
Program Kreativitas
Kreasi BatikRp13.000
Kreasi GerabahRp10.000
Lukis KaosRp35.000
Lukis GerabahRp13.000

Harga tiket Taman Pintar Yogyakarta untuk orang dewasa adalah Rp20.000. Sementara itu untuk usia anak-anak, harga tiketnya adalah sebesar Rp12.000. Namun jenis tiket masuk tersebut belum termasuk ke dalam tiket wahana di Taman Pintar. Berikut masing-masing harga tiket Taman Pintar Yogyakarta.

Harga tiket Taman Pintar Yogyakarta wahana teater 4D untuk dewasa Rp20.000. Sementara anak-anak sebesar Rp15.000. Serta untuk Tiket Wahana Bahari Rp4.000 baik anak maupun dewasa.

Pengunjung bisa melakukan aktivitas kreatif di Taman Pintar Yogyakarta. Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan. Pertama Hand on Science dengan harga tiket sebesar Rp10.000. Kedua, program kreasi batik atau lukis gerabah juga dikenai dengan harga Rp13.000 per orang.

Salah satu wahana Taman Pintar Yogyakarta yang memberikan kesan ilusi. Seperti ilusi Optis, Ilusi Fisiologis dan Ilusi Kognitif. img: tamanpintar.co.id

Ketiga, untuk kreasi gerabah hanya diperlukan tiket masuk sebesar 10.000 rupiah untuk semua kalangan. Ada juga program Broadcating presenter tv dengan harga tiket Rp15.000. Aktivitas lainya seperti melukis kaos dikenakan biaya Rp35.000 per orang.

Selain beberapa wahana di atas, wahana Planetarium juga wajib untuk disambangi bila sedang berada di sini. Harga tiketnya pun sama untuk semua kalangan baik itu anak-anak maupun usia dewasa. Untuk Tiket Taman Pintar Yogyakarta wahana planetarium dikenakan harga sebesar Rp22.000

Taman Pintar Yogyakarta Aktivitas & Wahana

Ada beberapa wahana yang sangat berguna untuk dicoba di Taman Pintar Yogyakarta. Wahana-wahana tersebut sangatlah bermanfaat sebagai tempat wisata sekaligus belajar yang asyik bagi anak-anak. Penasaran apa saja wahana dan aktivitas yang bisa dilakukan di sana? Berikut penjelasannya di bawah ini.

Gedung Oval

Gedung Oval merupakan gedung yang berisi semua hasil penelitian sains yang dapat dilihat secara langsung. Ada 12 wahana di Gedung Oval Taman Pintar Yogyakarta yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Kedua belas wahana tersebut adalah zona nuklir, generator pedal, zona kehidupan purba, zona cuaca dan iklim.  Ada juga zona gempa, zona argo, terowongan ilusi, generator Van De Graaf dan TV trainer. Bagi pengunjung yang ingin melihat akuarium air tawar, juga berada dalam Gedung Oval ini.

Gedung Kotak

Gedung Kotak memiliki sepuluh wahana yang dapat dinikmati pengunjung ketika di sini. Diantaranya adalah zona pengolahan susu, zona batik, zona pengolahan minyak gas dan bumi serta zona koleksi keris.

Ada juga zona replika Candi Borobudur, zona koleksi tokoh-tokoh wayang bagi pengunjung yang suka wayang. Selain itu, ada juga zona peraga turbulensi, zona teknologi otomotif, zona planning city dan juga zona air.

Gedung Memorabilia

Wahana lain di Taman Pintar Yogyakarta yaitu Gedung Memorabilia. Seperti namanya “memorabilia” yang berasal dari kata memori, maka Gedung ini mengajak pengunjung untuk mengenang kembali sejarah. Ringkasnya, gedung ini berisikan tentang perjalanan sejarah Indonesia dari zaman Kemerdekaan hingga sekarang ini.

Ada tiga wahana di Gedung Memorabilia Taman Pintar Yogyakarta yang berisi untuk mengenang sejarah Indonesia. Pengunjung dapat mencoba melihat wahana Tokoh Pendidikan, Sejarah Kasultanan Keraton serta Kepustakaan Kepresidenan.

Gong Perdamaian
Gong Perdamaian. img: tamanpintar.co.id

Gedung Planetarium

Melihat planet-planet juga bisa dilakukan di Taman Pintar Yogyakarta. Gugusan planet-planet dan cerita-cerita mengenai tata surya dan alam semesta bisa disaksikan. Seperti namanya “planetarium” wahana ini memiliki nuansa khas sains di dalamnya.

Mengajak anak-anak ke sini sangatlah bermanfaat demi kecintaan mereka pada ilmu fisika dan ilmu alam lainnya. Intinya, Gedung Planetarium Taman Pintar Yogyakarta memberikan pengajaran mengenai antariksa dan ilmu tentang tata surya melalui pertunjukan sebuah film.

Playground

Bagi pengunjung yang memiliki anak-anak yang masih kecil, usia PAUD atau sekolah dasar, pilihan bermain di Playground ini sangatlah tepat. Wahana ini persis terletak di depan Gedung Kotak yang berada di area terbuka.

Playground dijadikan sebagai ruang publik dan memliki beragam alat peraga yang gratis bagi anak-anak.

Kampung Kerajinan

Kalau area yang satu ini adalah area yang dibuat khusus oleh pihak pengelola untuk melatih kreatifitas anak-anak. Pengunjung dapat melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan seni kerajinan di sini.

Sebut saja kegiatan membatik, membuat gerabah, melukis kaos, ataupun melukis gerabah. Banyak hal yang dapat dipelajari di Taman Pintar Yogyakarta sesuai dengan visi misinya yang memberikan edukasi.

Gedung PAUD

Gedung PAUD adalah gedung paling pertama yang didirikan di Taman Pintar Yogyakarta pada tahun 2004. Gedung PAUD ini sendiri terbagi menjadi dua yakni gedung PAUD barat dan timur yang selesai dibangun tahun 2006.

Gedung PAUD barat memiliki fungsi yaitu dengan memberikan edukasi kepada anak-anak Taman Kanak-kanak. Sementara itu, gedung PAUD timur berfungsi sebagai tempat memberikan edukasi untuk anak-anak pra-TK.

Fasilitas Taman Pintar Yogyakarta

Beberapa fasilitas yang ada di Taman Pintar Yogayakarta adalah toilet, ATM Center, Mushola, lahan parkir yang luas dan Foodcourt. Selain itu, ada juga pusat informasi, lift khusus difable, ruang kesehatan, pelayanan pengunjung serta ruang audiovisual.

Di belakang bangunan Taman Pintar Yogyakarta juga terdapat ruko-ruko buku bagi pengunjung yang berminat untuk membeli buku-buku lama. Ada juga Exhibiton Hall yakni tempat luas yang dapat disewa untuk kegiatan sekolah dalam ruangan.

Transportasi Umum ke Taman Pintar Yogyakarta

Ada beberapa cara pengunjung bisa sampai ke Taman Pintar Yogyakarta. Pertama, jika dari arah Bandara Adisucipto, maka ada beberapa alternatif transportasi yang dapat digunakan. Diantaranya adalah kereta api Prameks dan Madiun Jaya (harga tiket 10.000 – 20.000 rupiah). Bisa juga memakai Trans Jogja rute 1A (harga tiket sebesar 3.000 rupiah) atau taksi.

Pengunjung dari Stasiun Tugu, maka transportasi ke Taman Pintar Yogyakarta bisa ditempuh dengan naik becak atau naik andong. Pengunjung juga dapat berjalan kaki ke selatan menyusuri Jalan Malioboro dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Begitu pula bila pengunjung datang dari arah Stasiun Lempuyangan, alat transportasi menuju Taman Pintar Yogyakarta alternatif-nya sama saja. Bila pengunjung dari Terminal Bus Giwangan, transportasi paling mungkin adalah naik Trans Jogja rute 3A. Kalau datang dari Terminal Bus Jombor, pengunjung dapat mencoba Trans Jogja rute 2A.

Alamat Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta terletak di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta, 200 meter jauhnya dari timur perempatan Malioboro. Lokasinya berada di pusat kota serta dekat dengan berbagai objek wisata lain seperti Malioboro dan Keraton Yogyakarta. Di sekitar Taman Pintar ini, pengunjung juga dapat melihat Istana Negara dan Museum Vredeburg.

2 COMMENTS

  1. Tiket rombongan untuk anak SD pada hari sabtu tgl 4 januari berapa ya untuk 35 anak dan 13 guru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here