Home Jawa Barat Bogor

Taman Buah Mekarsari Bogor Tiket, Paket & Aktivitas

Taman Buah Mekarsari
Taman Buah Mekarsari. foto: Francis Wibisono
Very PoorPoorFairGoodExcellent
4,00/1 Review
Loading...
Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari merupakan tempat pelestarian aneka ragam buah-buahan tropika Indonesia. Buah-buahan unggulan Indonesia diteliti untuk dijadikan bibit unggul kemudian disebarkan ke para petani.

Selain sebagai tempat pelestarian buah, Taman Buah Mekarsari juga berfungsi sebagai wahana wisata. Wisata dengan konsep edukasi perkebunan dan hiburan menjadi konsep yang utama di taman ini. Taman Buah Mekarsari ini tidak terbatas untuk kalangan tertentu, dan cocok untuk semua kalangan.

Pada awalnya tempat ini terkenal dengan nama Taman Buah Mekarsari. Namun karena taman ini mulai mengembangkan sayuran dan taman hias juga, namanya diganti menjadi Taman Buah Mekarsari.

Taman ini diprakarsai oleh Ibu Negara ke dua yaitu, Ibu Tien Soeharto pada tahun 1990. Pembangunannya memakan waktu kurang lebih lima tahun dan diresmikan tahun 1995 oleh Presiden Soeharto. Taman ini memiliki luas 264 Hektare dengan berbagai fasilitas yang menunjang penelitian dan wisata.

Aktivitas

Dengan luas 264 Hektare, wahana wisata yang ada di Taman wisata Mekasari ini dibagi kedalam beberapa Area. Area-Area tersebut adalah aktivitas air, aktivitas olahraga, aktivitas outbound, aktivitas kebun dan pertunjukan.

Taman Buah Mekarsari
Taman Buah Mekarsari tempat wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi keluarga. Berabagai aktivitas menarik bisa dilakukan. foto:  Indra Hermawan

1. Aktivitas Kebun

Sebagai tempat pelestarian keragaman hayati Indonesia, aktivitas utama di taman ini adalah kegiatan berkebun. Inti dari kegiatan ini adalah mengenalkan kepada pengunjung tentang berbagai jenis tanaman tropis dari buah hingga tanaman hias. Selain itu, proses dalam menanam juga diajarkan melalui kegiatan bercocok tanam di salah satu kebun yang ada. Aktivitas ini tentunya akan menambah pengetahuan dan cara menanam yang baik dan benar.

Selain diajarkan bagaimana cara menanam yang baik, pengunjung juga akan praktik langsung. Kegiatan ini memang tidak diawali dari proses biji, tapi lebih kepada memindahkan tunas yang baru tumbuh. Kegiatan ini sangat cocok untuk pengunjung anak-anak yang sedang dalam masa sekolah. Namun, tidak menutup kemungkinan juga dilakukan oleh pengunjung dewasa.

2. Aktivitas Air

Selain wahana edukasi di kebun buah, Taman Buah Mekarsari pun memiliki wahana air yang sangat baik. wahana Air di taman ini terpusat di danau buatan seluas 25 hektare. Dengan luas tersebut berbagai macam kegiatan air bisa dilakukan. Dari sekedar berkeliling dengan perahu naga atau wahana yang memacu adrenalin seperti banana boat. Permainan lain yang bisa dilakukan di danau adalah sepeda air, floating donat dan Giant Buble.

danau taman buah mekarsari
Pengunjung bisa bermain menumpangi sepeda air di danau mekarsari. foto  uki kakkoi no hito

3. Aktivitas Olah Raga

Berolah raga adalah salah satu kegiatan yang sangat bisa dilakukan di Taman Buah Mekarsari. Dengan area yang sangat luas namun memiliki pemandangan indah, kegiatan olahraga di taman akan menyenangkan. Pengunjung bisa memilih kegiatan jogging, bersepeda, atau jalan-jalan di kebun buah. Wah, tentunya selain mendapatkan pengalaman di kebun buah, pengunjung akan sehat setelah pulang dari sini.

4. Aktivitas Outbond

Di salah satu sudut dari area Taman Buah Mekarsari juga terdapat arena mancakrida (outbond) yang lengkap. Berbagai macam permainan yang menantang dan membangun kekompakan serta melatih fisik tersedia di sini. Permainan halang rintang, flying fox, dayung rakit berkelompok, dan panjat tebing. Kegiatan ini diawasi oleh operator yang professional sehingga aman untuk dilakukan oleh anak-anak maupun pengunjung dewasa.

Pertunjukan

Wahana hiburan santai juga tersedia di taman wisata ini. Terdapat dua pertunjukan di Taman Buah Mekarsari, yaitu Pongo Show dan Operet dengan berbagai tema. Selain itu, di event-event tertentu ada pertunjukan dadakan sesuai dengan tema event yang berlangsung.

1. The Pongo Show

Pertunjukan ini adalah pertunjukan layar digital interaktif dengan pongo sebagai tokoh utamanya. Pongo adalah maskot orang utan dalam bentuk tokoh fiksi digital. Keunikan pertunjukan ini adalah pengunjung tidak hanya menonton pertunjukan, namun berinteraksi dengan pongo. Pertunjukan ini bisa dikunjungi 2 kali sehari setiap senin-jumat, namun di kahir pekan aka nada 4 kali pertunjukan.

banana boat taman buah mekarsari
Banana boat menjadi salah satu aktivitas favorit yang bisa dicoba di Taman Buah Mekarsari. foto: Agus Suprayitno

2. Operet

Pertunjukan ini merupakan karnaval dari badut-badut buah dengan berbagai tingkah lucunya. Para badut itu akan menghibur pengunjung dengan menari lincah dan menghibur para pengunjung.

Arena Bermain Anak

Nah, di sebuah pojok Taman Buah Mekarsari dekat gedung lobby dan toko oleh-oleh terdapat arena bermain. Arena bermain ini seperti taman hiburan dunia fantasi, atau pasar malam. Berbagai macam wahana permainan dari yang ringan hingga yang ekstrim terdapat di sini. Di antara permainannya adalah mini gokart, Mono Rail, Aeroplane, bombom car, dan fancy train. Pokoknya, anak-anak dijamin betah bermain di taman hiburan ini.

Paket Wisata Taman Buah Mekarsari

Saking luasnya taman ini dan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan, dijamin pengunjung tidak akan tamat bermain di semua wahana. Untuk memudahkan pengunjung dalam memilih aktivitas, pengelola telah membuat paket wisata.

Dengan adanya paket wisata ini, pengunjung bisa memprioritaskan wahana mana saja yang disukai. Selain itu, paket ini memudahkan pengunjung untuk menyesuaikan budget dan jumlah peserta. Berikut paket wisata yang bisa diikuti oleh pengunjung beserta penjelasan singkatnya.

spesies buah tropis taman buah mekarsari
Berbagai spesies tanaman buah tropis bisa ditemui di Taman Buah Mekarsari. foto: waluyo ibn dischman

Paket family Gathering: Acara kebersamaan seperti acara keluarga besar atau perusahaan sangat memnungkinkan dilakukan di Taman Buah Mekarsari. Fasilitas yang bisa didapatkan di antaranya adalah tiket masuk, kereta keliling, panggung acara, live music, fun games, tenda dan parsel buah.

Paket Edukasi : Paket ini terbagi lagi ke dalam beberapa kegiatan yang diminati. Kegiatan tersebut adalah:

  1. Back to The Green World: kegiatan intinya adalah menanam buah dan sayur dalam pot, dan pengunjung akan mendapatkan edukasi tentang kelestarian alam.
  2. Come Out dan Play: di paket ini pengunjung akan diajak untuk mengenal dan bermain permainan tradisional seperti di bulan kemerdekaan.
  3. Kids Farm dan Paddy Legend: kegiatan ini mengedukasi pengunjung tatacara bertani dan mempraktikkanna di lapangan yang sudah disediakan
  4. Science Tour : kegiatan ini memadukan antara wisata buah dengan penambahan praktik science di dalamnya.

Paket Kunjungan Lapangan: Paket ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan di dunia pertanian. Kegiatan ini lebih dikhususkan sebagai kunjungan oleh para petani buah atau orang yang memiliki hobi berkebun. Pengunjung akan mendapatkan fasilitas Tiket masuk, Kereta keliling, presentasi holtikultura, fasilitator dan tur tanaman langka.

Paket Tur

Paket ini disediakan khusus pengunjung yang memang ingin sekedar berwisata santai tanpa ada pelajaran tambahan. Terdapat enam tur yang bisa diikuti oleh pengunjung, yaitu:

Tur petualangan kebun: Tur ini akan mengajak pengunjung berkeliling ke kebun buah, turun dan memetic buah yang siap panen. Fasilitas tur ini adalah keliling kebun, oleh oleh bibit tanaman, icip-icip buah langka dan petualangan kanalzon.

Tur petualangan kanalzon : Petualangan kanalzon merupakan petualangan menyusuri kanal eksotis yang ada di Taman Buah Mekarsari. Hampir sama dengan tur dengan kereta di daratan, kegiatan ini dilakukan di atas sungai buatan. Sepanjang tur pengunjung akan mendapatkan beberapa suguhan, di antaranya konservasi burung, dan biawak. Selain itu pengunjung akan mendapatkan suguhan kekayaan air dan ekosistem sekitar kebun.

family train taman buah mekarsari
Kereta Khusus yang siap membawa pengunjung berkeliling taman. foto: Azaliashira Muharram

D’Farm : Kegiatan ini lebih kepada mengenalkan dan mendekatkan pengunjung khususnya anak-anak kepada hewan. Kegiatan intinya adalah berkuda, memberi makan kelinci dan burung serta menyusui anak kambing.

Tur bermain: Paket ini akan mengajak pengunjung untuk berpetualang di beberapa wahana permainan. Kegiatannya di antara lain memanah, Outbond, museum, wahana 3D trick eye dan kids fun Valley.

Family Train: Tur ini hampir sama dengan tur petualangan kebun, pengunjung akan diajak untuk berkeliling dan turun di kebun buah. Namun, kereta yang digunakan di paket ini bisa dibilang eksklusive atau terbatas untuk satu keluarga saja. kelebihan fasilitasnya adalah terdapat wahana lukis camping, berkuda, memberi makan rusa, dan berkunjung ke rumah serangga.

Tur Fruity World: Kegiatan inti dari tur ini sama dengan family train dan petualangan kebun. Pembedanya ada pada penambahan fasilitas wisata air danau seperti fruity boat, banana boat, perahu kano dan perahu naga.

Fasilitas

Untuk fasilitas yang ada di Taman Buah Mekarsari ini terbilang sangat lengkap. Semua keperluan sudah mudah dijangkau, mulai dari parkir yang sangat luas mampu menampung ribuan kendaraan. Toilet, mushola, toko oleh-oleh dan warung makanan sudah ada tersedia. Atm dan transaksi non tunai sudah bisa dilakukan di Taman Buah Mekarsari. Selain itu, fasilitas fasilitas yang lainnya sudah sangat baik.

Harga Tiket Masuk Taman Buah Mekarsari

Untuk dapat beraktivitas di taman ini, pengunjung peru tiket masuk yang bisa dibeli dengan harga yang bervariasi. Harga tiket tersebut tergantung kepada paket yang akan diambil oleh pengunjung.

Harga Tiket Mekarsari
RegulerRp50.000,00
Petualangan MekarsariRp64.000,00
Masuk MobilRp20.000,00
Masuk MotorRp10.000,00
Masuk BusRp35.000,00
Tur Petualangan kebunRp70.000,00
Tur D’FarmRp75.000,00
Tur petualangan bermainRp70.000,00
Tur Famliy TrainRp700.000,00
Transportasi (kereta dan kanal)Rp15.000 – Rp20.000
Berbagai WahanaRp6.000 – Rp40.000
Wahana AirRp15.000 – Rp35.000
Family GardenRp3.000 – Rp20.000

Jam Operasional

Taman Buah Mekarsari buka setiap hari dari jam 08.30 sampai dengan 16.00.

Angkutan Umum Ke Taman Buah Mekarsari

Untuk dapat menjangkau lokasi Taman Buah Mekarsari, pengunjung tidak perlu bingung. Lokasi mudah dijangkau oleh angkutan umum. Pengunjung dari Jakarta cukup naik angkutan umum 121 jurusan Cileungsi Bogor. Kemudian turun di perempatan cileungsi dan lanjutkan dengan angkutan umum 64 jurusan Jongol, turun di depan gerbang Taman Buah Mekarsari.

Alamat

Alamat Taman Buah Mekarsari berada di kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor Jawa barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here