Home Jawa Barat

Green Canyon Pangandaran Tiket & Top 5 Aktivitas

Cukang Taneuh - Green Canyon Pangandaran
Cukang Taneuh - Green Canyon Pangandaran. foto: Agas Yanpratama
Very PoorPoorFairGoodExcellent
4,00/1 Review
Loading...
Green Canyon - Cukang Taneuh

Green Canyon merupakan sebuah ngarai yang terbentuk akibat erosi sungai Cijulang terhadap tebing di sisinya. Erosi tersebut menyisakan sebuah ngarai yang sangat memesona dengan berbagai ornamen alami seperti stalaktit dan stalakmit. Selain itu pemandangan di sekitarnya juga dipenuhi oleh lumut dan dedaunan berwarna hijau. Hal itu menimbulkan bayangan kehijauan di atas permukaan air sungai sehingga disebutlah Green Canyon.

Sebenarnya nama tempat indah ini bukanlah Green Canyon, tapi Cukang Taneuh. Dalam bahasa Sunda yang berarti jembatan dari tanah. Sesuai dengan namanya, di tempat ini memang terdapat jembatan alami yang terbuat dari tanah yang melintang di atas sungai Cijulang. Hingga sekarang jembatan ini masih aktif digunakan warga untuk melintasi sungai tersebut.

Nama Green Canyon dipopulerkan oleh turis asing asal Perancis yang berkunjung ke cukang taneuh. Kata Green Canyon juga merupakan sebuah pelesetan dari Grand Canyon di Sungai Colorado Amerika serikat. Sejak itulah Cukang Taneuh lebih dikenal dengan sebutan Green Canyon dan jumlah kunjungan pun terus meningkat. Terlepas dari itu semua, tempat ini memang menyimpan berjuta pesona dengan keindahan dan keseruan aktivitas yang bisa dilakukan.

Aktivitas Wisata Green Canyon

Sebagai tempat wisata air, Aktivitas di sini didominasi oleh aktivitas di sekitar sungai dan aktivitas basah. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Green Canyon Cijulang.

1. Berperahu menyusuri sungai Cijulang

perahu green canyon
Menyusuri Green Canyon menggunakan perahu. foto: Phillip Bennett

Untuk menuju ke Green Canyon, pengunjung hanya bisa menggunakan transportasi air. Transportasi yang tersedia di sini adalah perahu motor dan perahu kayuh. Perjalanan dimulai dari dermaga Cisereuh melewati pepohonan yang rindang dan membuat hawa menjadi sejuk.

Baca: Pantai Pangandaran Tiket & 10 Aktivitas Seru

Perjalanan akan memakan waktu sekitar 30 sampai dengan 45 menit. Namun tidak perlu khawatir membosankan, air sungai yang hijau serta pepohonan yang rindang membuat perjalanan menyenangkan.

2. Berenang

Sesampainya di sana, wisatawan akan terpukau dengan pemandangan yang sangat berbeda dengan tempat lainnya. Sebuah ngarai yang diapit oleh tebing di kanan dan kiri sungai, membuat tempat ini sangat indah dan sejuk. Di sini pengunjung bisa berenang dan menikmati kesegaran air sungai.

Berenang di Green Canyon
Berenang menjadi salah satu kegiatan yang paling disukai pengunjung. foto: ajeng Aditya009

Arus sungai yang tenang membuat penampakan bagian ini seperti kolam renang. Dan di sinilah para pengunjung bisa berenang di air yang jernih dan belum tercemar. Suasana asri dengan pepohonannya semakin menambah serunya aktivitas berenang di sini.

2. Body Rafting

Aktivitas lain yang tidak kalah serunya adalah body rafting di sungai Cijulang. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang cukup populer dan memacu adrenalin wisatawan. Aktivitas ini juga merupakan cara lain untuk menikmati ke seruan di Green Canyon.

Untuk keamanan, pengunjung akan dilengkapi dengan helm dan pelampung oleh operator. Namun, satu lagi peralatan yang harus dibawa masing-masing yaitu sepatu karet atau sandal gunung. Setelah siap dengan peralatan masing-masing, pengunjung akan mendapatkan arahan dari pemandu.

Petualang akan dimulai dengan berenang menyusuri sungai menuju jeram-jeram kecil sungai Cijulang. Setelah menemukan jeram, pengunjung tinggal berbaring dan mengapung di atas sungai mengikuti aliran sungai. Kegiatan ini juga tidak selamanya mengapung air sungai, sesekali pengunjung akan berjalan kaki untuk menghindari jeram yang berbahaya.

body rafting green canyon
Tidak kalah seru aktivitas body rafting bisa menjadi pilihan wisatawan. foto: yanah

Keindahan alam di Green Canyon lagi-lagi jadi obat capek dan lelah dari kegiatan body rafting ini. Kegiatan body rafting akan menyusuri sungai Cijulang sepanjang 3 kilometer. Di sela-sela aliran itu, pengunjung akan menemukan tebing batu karas dengan tetesan air deras. Kegiatan ini kurang lebih akan memakan waktu sekitar 3 – 4 jam.

3. Wall climbing

Aktivitas menantang lain yang bisa dilakukan adalah panjat tebing yang berada di sekitar Green Canyon. Untuk melakukan aktivitas ini, pengunjung sangat disarankan untuk memakai jasa pemandu. Aktivitas panjat tebing pasti memberikan pengalaman dan kenangan yang tidak terlupakan.

4. Loncat Tebing

Di beberapa sudut dari aliran sungai Cijulang ini, terdapat tebing atau batu yang bisa dipakai untuk melompat. Pengunjung bisa menaikinya dan meloncat bebas ke sungai di bawahnya. Kegiatan ini juga biasanya muara dari aktivitas berenang dan body rafting.

Di lokasi jembatan tanahnya sendiri terdapat stalakmit yang terletak cukup tinggi dari sungai. Bentuknya yang menyerupai payung membuat batu ini dinamakan batu payung dan sering dipakai untuk meloncat ke sungai.

5. Merasakan hujan abadi

Hujan abadi
Rasakan hujan abadi yang tak pernah surut di kawasan cagar alam Cukang Taneuh

Di lokasi jembatan tanahnya juga terdapat satu fenomena alam yang menakjubkan. Dari atas tebing yang menjorok ke badan sungai mengalir air yang cukup deras. Karena ketinggiannya, air yang jatuh di sini seperti hujan yang tidak pernah berhenti sepanjang waktu. Mengunjungi air hujan abadi ini merupakan sebuah keharusan dalam kunjungan ke Green Canyon.

5. Spot Berfoto

Untuk melengkapi kunjungan ke Green Canyon, tentunya berfoto merupakan aktivitas yang harus dilakukan. Beberapa spot foto dengan tema kegiatan ekstrim seperti body rafting bisa menjadi tempat menarik untuk berfoto.

Tempat lainnya adalah di bawah jembatan tanah dengan hujan abadinya juga tidak kalah menarik. Karena itu, siapkan kamera terbaik untuk mengambil gambar dengan hasil yang terbaik. Jika pengunjung hanya menggunakan kamera hp, jangan lupa untuk membawa cover anti airnya supaya bisa maksimal.

Dermaga Green canyon
Deramaga dengan perahu-perahu yang siap mengantarkan wisatawan ke lokasi aktivitas. foto : Johny Pardidu

Fasilitas Green Canyon Pangandaran

Sebagai tempat wisata yang sudah mulai berkembang dan popular, fasilitas di Green Canyon sudah lengkap. Untuk tempat parkir sudah tersedia di dermaga tempat awal kegiatan di sini di mulai. Perahu sebagai transportasi utama menuju Green Canyon juga sudah tersedia cukup banyak dan layak.

Operator body rafting sudah banyak menawarkan jasanya di Kawasan Wisata Cukang Taneuh, pengunjung tinggal memilih. Begitu pun dengan kebutuhan dasar seperti warung makanan dan toilet sudah ada di dermaga Cisereuh.

Biaya Masuk Green Canyon Pangandaran

Untuk masuk ke Green Canyon pengunjung akan melewati gerbang utama pantai Pangandaran. Di pintu masuk ini pengunjung harus membayar tiket masuk area wisata Pangandaran. Berikut beberapa informasi tentang biaya masuk Green Canyon dan aktivitas.

Biaya Masuk Green Canyon Pangandaran & Aktivitas
Paket Biasa Tanpa Renang 45 menit / perahuRp200.000
Paket Renang + 30 Menit Batu Payung / PerahuRp300.000
Paket Renang + 1 Jam Pemandian Putri / PerahuRp400.000
Extra Time / 30 MenitRp100.000

Satu perahu maksimal 5 orang. Pengunjung yang membeli paket biasa dan ingin berenang di lokasi dapat langsung membayar tambahan biaya ke juru mudi kapal masing-masing.

Jam Buka

Green Canyon sendiri buka mulai dari jam 7.30 sampai dengan 16.00.

Jam Buka Green Canyon Pangandaran
Setiap Hari07.30 – 16.00 WIB

Transportasi Angkutan Umum

Untuk menuju ke lokasi ini telah tersedia berbagai macam kendaraan umum atau mini bus shuttle door to door. Bagi pengunjung yang berangkat dari Jakarta cukup naik bus jurusan Pangandaran dari terminal Kp. Rambutan. Selanjutnya tinggal naik ojek atau sewa kendaraan untuk bisa pergi ke dermaga Cisereuh, kemudian lanjutkan dengan Perahu.

Lokasi Green Canyon Pangandaran

Lokasi tempat wisata ini berada di kawasan wisata dan cagar alam Pantai Pangandaran. Tepatnya berada di desa Kertasaya kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here