Home Jawa Barat

Sari Ater Pemandian Air Panas Tiket & 4 Aktivitas

pemandian air panas sair ater subang
Pemandian Air Panas Sari Ater /Ciater
Very PoorPoorFairGoodExcellent
4,00/1 Review
Loading...
Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Sari Ater merupakan pemandian alami yang menawarkan relaksasi, resort dan taman bermain bagi keluarga. Berada di bawah kaki gunung Tangkuban Parahu, memiliki pemandangan dan suasana yang berbeda. Hamparan kebun teh yang ada di sekitarnya, semakin menambah pesona dan keindahan tempat wisata ini.

Sumber air panas yang berada di kawasan wisata Sari Ater berasal dari kawah Gunung Tangkuban Parahu. Tingkatan panas air di Sari Ater bisa mencapai 43 – 45 derajat, cukup panas untuk menghangatkan udara dingin di sekitar. Selain untuk menghangatkan suhu tubuh, Air panas di Sari Ater juga sering diyakini dapat menyembuhkan penyakit.

Secara administratif Pemandian Air Panas Sari Ater atau Ciater ini, masuk ke dalam wilayah Kabupaten Subang. Namun, sebagian besar pengunjung menganggap Sari Ater berada di Bandung. Hal itu disebabkan oleh paket-paket wisata yang memasukkan objek wisata alam ini ke dalam daftar wisata di Bandung.

Kolam Sari Air Panas Sari Ater
Wisata Pemandian air panas di Jawa Barat bisa mengunjungi Sari Ater yang sudah cukup terkenal. foto: harry suharyanto

Di luar hal itu, pemandian air panas ini tetap menjadi pilihan wisata yang menyenangkan dan menghibur tentunya. Pengunjungnya bahkan hingga berdesakan di akhir pekan atau hari libuer nasional.

Baca: Bandung Tree Top Tiket & Rekomendasi Aktivitas

Aktivitas Wisata di Sari Ater

1. Relaksasi

Aktivitas utama yang bisa dilakukan di Sari Ater adalah memanfaatkan khasiat dari pemandian air panas. Seperti yang sudah disampaikan, bahwa air panas dari gunung Tangkuban Parahu di Sari Ater memiliki khasiat tersendiri. Pengunjung bisa merelaksasi tubuhnya dengan berendam di air panas dengan pilihan cara yang berbeda-beda. Berikut beberapa cara untuk menikmati pemandian air panas di Sari Ater Subang:

  • Pengunjung bisa berelaksasi di aliran sungai ciater yang alami. Air panasnya mengalir begitu saja tanpa ditampung terlebih dahulu. Beberapa titik terdapat pancuran dan air terjun yang cukup indah. Pengunjung bisa duduk di bawah air terjun atau pancuran untuk merasakan sensasi pijatan.
  • Alternatif yang kedua untuk bisa menikmati khasiat pemandian air panas Sari Ater adalah berendam di kolam renang. Di beberapa tempat, air panas akan dialirkan dan ditampung di kolam renang yang berukuran cukup besar. Selain bisa berendam, pengunjung juga bisa berenang di kolam yang ukurannya lebih luas.
  • Alternatif yang ketiga, pengunjung bisa menyewa kamar khusus untuk berendam. Di dalam kamar ini, pengunjung bisa berendam di kolam air panas seukuran tubuh sendiri. Sifat dari kamar rendam ini adalah private, tidak boleh siapapun masuk kecuali orang yang menyewa kamar rendam ini. Dengan demikian, relasasi pengunjung bisa dilakukan secara maksimal.
Kolam rendam air panas sari ater
Kolam rendam air panas yang menyegarkan wisatawan. foto: Manuel Kristo

2. Out Bound

Selain atraksi utama tadi, pengunjung bisa menikmati layanan lain yang disediakan oleh pengelola. Salah satu layanan yang tersedia adalah permainan outbound yang popular dengan permainan Flying Fox.

Udara yang sejuk tentunya sangat mendukung kegiatan outing seperti ini di daerah Sari Ater. Beberapa permainan seperti, Panahan, ATV, Trampolin, Golf Mini dan lain-lain bisa didapatkan. Namun, untuk dapat menikmati out bound ini, pengunjung harus membayar lagi untuk setiap permainan.

Baca: Situ Patenggang Rancabali Tiket & 5 Aktivitas Wisata

3. Berperahu mengelilingi danau buatan

Di akhir dari aliran sungai air panas di kawasan Sari Ater terdapat sebuah kolam yang cukup luas. Di kola mini pengunjung bisa menyewa perahu dan berkeliling mengitari pulau yang ada di tengahnya. Kegiatan berperahu ini, biasanya sering diburu oleh anak-anak. Sama dengan kegiatan outbound, berperahu juga dikenakan biasa selanjutnya.

Sari Ater Hotel & Resort
Salah satu tempat pemandian air panas yang cukup terkenal yaitu sari ater hotel dan resort. foto: Nur Afni Yustikasari

4. Botram (makan bersama bekal dari rumah)

Di lokasi wisata Sari Ater, pengunjung bisa membawa makanan dari luar lokasi wisata. Biasanya para pengunjung membawa bekal berupa nasi timbel atau nasi biasa untuk dibuka bersama. Di lokasi pemandian air panas ini, terdapat banyak tempat untuk dijadikan tempat botram. Pengunjung tinggal sewa tikar sekitar 15.000 s/d 30.00 atau bawa sendiri untuk berumpul dan menikmati makanan bekalnya.

Fasilitas Pemandian Air Panas Sari Ater

Sebagai tempat wisata yang popular, Sari Ter dilengkapi oleh berbagai fasilitas yang memadai. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi atau bus rombongan, temat parkir di sini bisa menampungnya.

Kebutuhan mendasar seperti toilet, kamar ganti, mushola dan resort juga sudah tersebdia di sini. Warung-warung penjual makanan dan minuman sudah banyak berjejer di luar lokasi wisata.

kawasan wisata pemandian air panas ciater
Kawasan wisata pemandian air panas ciater. foto: Wawan Andriyawan

Harga Tiket Masuk Sari Ater Subang Bandung

Untuk masuknya sendiri Sari Ater mematok tariff tergantung pada kondisi dan hari. Berikut informasi harga tiket masuk Sari Ater:

Tiket Masuk Pemandian Air Panas Sari Ater
KolamPaket
NangkaRp 75.000
MayangsariRp 70.000
PulosariRp 30.000
WangsadipaRp 50.000
Kolam LeuwisariRp 20.000
Kamar Rendam PrivateRp 60.000
Parkir MotorRp 20.000
Parkir MobilRp 30.000

Lokasi dan Transportasi Umum

Lokasi Sari Ater sendiri berada di jalan Raya Subang Bandung Desa Ciater, Kecamatan Jalan cagak. Kabupaten Subang. Untuk mencapai ke lokasi ini, pengunjung bisa berangkat dari terminal Leuwi panjang menuju ke terminal Ledeng dengan Bus DAMRI.

Kemudian lanjutkan perjalanan dengan menumpang mini bus atau elf yang menuju ke subang. Sebelum masuk ke kota Subang, minta turun tepat di pertigaan Jalan wisata, kemudian jalan sedikit menuju loket untu membeli tiket.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here