Home Jawa Barat Bandung

Stone Garden & Gua Pawon 5 Aktivitas Wisata

0
Very PoorPoorFairGoodExcellent 4.50 | 2 votes
Stone Garden Bandung Pemandangan
Pemandangan tidak kalah indah ada Stone Garden Badung dengan hamparan batu alam. foto: wikicommons/KontibutorCommons

Jika diartikan secara harfiah ke dalam bahasa Indonesia, Stone Garden memiliki arti Taman Batu. Namun jangan pernah membayangkan jika di tempat ini hanya ada hamparan batu yang tidak beraturan. Justru di taman ini batu-batu itu terletak sangat artistik dan beda dari hanya sekedar batu.

Pemandangan alam dan bau petualangan sangat tercium di sini, beberapa tebing terjal sangat menarik untuk dijelajahi. Bila berkunjung ke Stone Garden, wisatawan akan merasakan seolah tidak sedang di Indonesia. Suasana alam yang dipenuhi hamparan batuan artistik membawa kembali ke zaman batu.

Hal itu diperkuat oleh adanya situs purbakala berupa Gua pawon di bawah stone garden. Batuan-batuan di sini tidak diletakkan dengan sengaja dengan gaya dan posisi yang artistik. Sebaliknya batuan di sini terletak alamiah membentuk formasi yang memiliki hitungan.

Letaknya yang berada di atas perbukitan, membuat pemandangan sekitarnya sangat menakjubkan. Sepanjang pandangan mata hanya akan terlihat hamparan sawah, bukit-bukit sekitar dan jalan raya Bandung – Cianjur.

Baca: Bandung Tree Top Tiket & Rekomendasi Aktivitas

Di taman ini tidak ada pepohonan atau pun tanaman yang bisa membuat teduh. Jadi, waktu terbaik untuk berkunjung ke sini di pagi hari atau sore hari. Namun jangan khawatir, pengelola sudah menyediakan beberapa Gazebo untuk berlindung dari panas matahari.

gazebo diatas bukit
Gazebo bisa digunakan sebagai tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan sekitar bukit. wikicommons/KontibutorCommons

Aktivitas di Stone Garden

Wisatawan yang datang ke Stone Garden tidak saja disuguhi pemandangan perbukitan. Beragm aktivitas lain juga bisa dilakukan di tempat ini. Berikut beberapa diantaranya.

Hasilkan Foto Dengan Latar Unik

Sebagai wisata alam yang sangat artistik dengan batuan kapurnya, tempat ini sangat cocok untuk berfoto. Kondisi alam, cuaca dan pemandangan juga bisa digunakan untuk syuting dengan tema luar angkasa. Namun, secara umum berbagai konsep pemotretan dapat dilakukan di Stone Garden. Aktivitas foto yang bisa dilakukan disini antara lain:

  1. Foto Selfie : Selain itu, berswafoto alias foto selfie juga bisa pengunjung lakukan. Beberapa spot foto selfie pun sudah pengelola sediakan untuk pengunjung yang eksis di media sosial. Seperti spot foto sarang burung elang yang berada di ujung tebing batu yang menjorok ke lembah. Yang pastinya, berfoto di Stone Garden untuk eksis di media sosial bisa jadi penambah jumlah follower dan like akun pengunjung.
  2. Foto Prewedding : Bagi pasangan yang hendak menikah, Stone Garden bisa jadi alternatif tempat pemotretan. Pemandangan alam sekitar yang sangat indah bisa jadi latar belakang yang luar biasa untuk foto prewed. Batuan artistik, rumput yang bergoyang serta Sunrise bisa dieksplor untuk kebutuhan pemotretan. Namun untuk prewed pengunjung harus mengeluarkan ekstra budget sekitar 300 – 500 ribu.
  3. Syuting film/video klip: Bagi pengunjung yang sedang mencari tempat yang beda, Stone Garden bisa jadi daftar tempatnya. Batuan yang besar dan padang rumput yang menghampar bisa jadi latar yang menarik di dalam video. Selain itu, suasana gersang dan udara yang panas bisa menjadi tambahan suasana video tema sedih. Wah…pokoknya tempat ini sangat cocok untuk youtuber dan Short movie maker.

Baca: Taman Hutan Raya Juanda 5 Aktivitas Di Keasrian Alam

Berburu Sunrise atau Sunset

Berada di ketinggian, Stone Garden Citatah memiliki landskap pemandangan alam yang sangat indah. Apalagi di pagi hari dan sore hari, keindahan di sekitar bukit akan bertambah indah dengan Sunrise atau Sunset.

Cahaya matahari terbit atau tenggelam membawa gradasi warna yang indah di langit Stone Garden. Namun, pagi hari adalah waktu yang sangat tepat jika ingin mendapatkan suasana itu. udara pagi yang sejuk dan tidak terlalu panas membuat suasana tidak gerah seperti di siang hari atau sore hari.

hamparan bebatuan
Hamparan bebatuan alam tersebar di sepanjang area tempat wisata ini

Trekking

Lokasi taman yang berada di atas bukit, membuat pengunjung mau tidak mau harus berjalan menyusuri jalan setapak. Namun jangan khawatir, justru kegiatan ini adalah salah satu aktivitas yang bisa di lakukan di Stone Garden.

Lokasi wisata Stone garden dengan segala keindahan yang dimilikinya akan menemani selama trekking. Selain menyenangkan, manfaat dari kegiatan ini tentunya membuat badan jadi sehat dan kaki menjadi kuat. Maka dari itu, pakailah sandal gunung atau sepatu sebelum berangkat, awas yah jangan salah kostum.

Mengunjungi Gua Pawon

Di bawah Stone Garden juga terdapat peninggalan purbakala berupa sebuah gua purbakala. Gua tersebut disebut Gua Pawon, nama ini bermakna Gua yang berfungsi untuk kegiatan dapur seperti memasak. Hal ini disebabkan oleh penemuan barang-barang purbakala seperti gerabah dan peralatan dapur lainnya.

Baca: Dago Dream Park Aktivitas Wisata Alam & Outbond

Gua ini juga dijadikan sarang oleh sekumpulan kelelawar, sehingga bau guano sangat tercium di mulut gua. Selain itu, Gua Pawon juga bisa menjadi awal trekking menuju ke Stone Garden di atasnya dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

Gua Pawon
Gua Pawon yang berjarak tidak jauh dari stone garden bisa menjadi tujuan eksplorasi ketika berwisata kesini

Belanja Suvenir

Berkunjung ke daerah Citatah itu tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas dari sini. Banyak sekali warung oleh-oleh yang bisa dijumpai sepanjang jalur padalarang – citatah. Berbagai kerajinan tangan dan kuliner bisa pengunjung dapatkan di sini.

Oleh-oleh khas padalarang yang bisa didapatkan dari daerah citatah adalah, Peyeum Bandung. Selain itu ada mainan miniatur bus dan truck dari kayu, serta kerajinan cobek batu padalarang yang sangat terkenal.

Fasilitas Stone Garden

Untuk mendukung kegiatan pariwisata di daerah Citatah padalarang ini, pemkab telah menyediakan berbagai fasilitas. Fasilitas mendasar seperti toilet, lahan parkir dan mushola sudah tersedia cukup. untuk pengunjung muslim kebutuhan ibadah lima waktu sudah diakomodir oleh adanya mushola.

Tempat berteduh seperti Gazebo sudah ada di beberapa titik sepanjang jalur trekking. Jika pengunjung singgah di Gua Pawon terlebih dahulu, jalur trekking dari sini juga sudah tersedia.

Biaya dan harga tiket masuk Stone Garden

Jika wisatawan sudah memutuskan untuk berkunjung ke Stone Garden, perlu menyiapkan beberapa hal. Baju, kondisi fisik serta uang cash yang cukup. uang cash diperlukan untuk tiket, jajan dan membeli oleh-oleh. Berikut biaya dan tiket yang haru dikeluarkan pengunjung.

Harga Tiket Masuk Stone Garden
Tiket masukRp3.000
Tiket masuk dan GuaRp6.000
Parkir motorRp5.000
Parkir mobilRp10.000

Transportasi Ke Stone Garden

Bagi pengguna angkutan umum, perjalan bisa dimulai di Alun-alun Bandung. Di Alun-alun Bandung, pengunjung bisa naik bus kota jurusan Ciburuy. Dari Ciburuy naik angkutan pedesaan kearah Rajamandala dan turun di jalan masuk ke area wisata Stone Garden. Kemudian naik ojek ke arah gerbang Stone Garden atau Gua Pawon terlebih dahulu.

Alamat & Lokasi

Stone Garden terletak di Gunung Masigit, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here