Home Jawa Barat Bandung

Wisata Kawah Putih Ciwidey Keunikan & Top 5 Aktivitas

0
Very PoorPoorFairGoodExcellent 4.29 | 14 votes
kawah putih
Kawah Putih salah satu tempat wisata di Bandung Selatan yang sangat populer

Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat ledakan gunung Patuha pada abad ke-sepuluh. Letaknya berada di puncak gunung Patuha jalan Ciwidey kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung. Letaknya yang berada di ketinggian, membuatnya memiliki udara yang sangat dingin.

Kawah yang terbentuk akibat ledakan itu tergenang air yang bercampur dengan belerang. Akibatnya berpengaruh pada warna air yang dominan putih kehijauan serta bau belerang yang menyengat. Suasana yang tenang, damai dan udara yang dingin membuat lokasi wisata ini tidak kalah romantis dengan situ Patengang.

Karena itu pula, kawah ini sering dijadikan lokasi syuting film, foto pra wedding dan video klip. Di tahun 2005 film “Heart” yang dibintangi Irwansyah, Acha dan Nirina Zubir menjadikan tempat ini sebagai salah satu latarnya. Kisah romantis di film ini, semakin mempopulerkan tempat ini sebagai tempat yang romantic di Bandung Selatan.

Kawah Putih terletak di Bandung selatan, tepatnya di area wisata Ciwidey dengan ketinggian 2.090 MDPL. Jadi, buat para pelancong yang akan berkunjung disarankan untuk membawa jaket yang tebal. Udara yang dingin jangan sampai menghambat aktivitas wisata.

Sejarah Terbentuknya Kawah Putih

Setelah terbentuknya kawah akibat letusan di gunung Patuha, masyarakat setempat menganggap daerah itu angker. Hingga Dr. Franz Wilhelm seorang ahli dari eropa datang ke daerah itu pada tahun 1837. Dengan niat mengembangkan ilmu pengetahuan dia memutuskan untuk berangkat ke gunung Patuha.

Dr. Franz Wilhelm menemukan danau yang berair putih dengan bau belerang yang kuat. Sejak penemuan itu tempat ini menjadi terkenal dan dikembangkan menjadi taman wisata pada tahun 1987.

Keunikan Kawah Putih Bandung

Selain suasana alam yang sejuk khas pegunungan, kawah putih Bandung menyimpan beberapa keunikan. Diantaranya warna air yang dapat berubah dan Area sekitar yang terdapat hutan mati.

area kawah
Pemandangan yang indah dan tidak biasa menjadi keunggulan tempat wisata ini

1. Air danau yang bisa berubah warna

Tempat ini dinamakan kawah putih karena warna dari air danaunya yang terlihat putih kehijauan. Namun, air danau tersebut bisa berubah warna tergantung pada kadar belerang, suhu dan cuaca yang ada.

Tidak hanya itu, tanah di sekitar danau juga didominasi oleh warna putih akibat dari bercampurnya unsur belerang. Nah tips saja nih, para pelancong yang berkunjung ke sini disarankan membawa masker dan jaket yang tebal.

Baca: Dago Dream Park Bandung Aktivitas Wisata Alam & Oubond

Udara di kawasan ini sangat digin sampai 10 derajat dan tentunya bau belerang sangat menyengat.

2. Hutan mati Kawah Putih

Selain danau yang berwarna putih, di sekitar kawah juga terdapat hutan mati. Yaitu hutan yang dipenuhi oleh pepohonan yang sudah tidak tumbuh lagi. pepohonan itu ada dan tidak membusuk sehingga mengesankan angker dan penuh dengan misteri.

Mungkin ini yang menyebabkan penduduk setempat dulu berpikir bahwa kawasan ini angker. Namun sekarang, kawasan hutan mati ini justru menjadi tempat favorit untuk dijelajahi.

hutan mati
Hutan mati menambah keunikan kawah ini.

Berbagai Aktivitas

Para pelancong yang berkunjung ke sini tentunya akan mendapatkan pengalaman seru yang tidak bisa dibandingkan dengan yang lainnya. Udara yang dingin dan suasana hutan yang asri akan menyambut para pelancong. Pemandangan alam akan menemani para pelancong yang hendak menuju ke Kawah putih.

Akses jalannya pun sudah sangat baik untuk dilewati oleh kendaraan kecil atau besar. Di depan gerbang, pengunjung akan disambut oleh gerbang mirip dengan gerbang komplek perumahan. Masuk ke dalam, para pelancong akan transit dulu di pintu tiketing untuk membeli tiket masuk.

Dari gerbang ini, pengunjung bisa memulai petualangan untuk menjelajahi kawasan wisata Kawah Putih. Untuk bisa mencapai kawah di puncak gunung Patuha, wisatawan bisa memilih berjalan atau berkendara. Bagi yang tidak membawa kendaraan bisa menuju kawah dengan berjalan atau naik angkutan ontang anting.

1. Hiking

Wisatawan dianjurkan untuk berjalan kaki menuju kawah putih agar dapat menikmati suasana alam pegunungan. Memang jaraknya cukup jauh, namun suasana hutan yang asri, sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Rasa lelah karena berjalan kaki dijamin bakal hilang, terobati dengan keindahan Kawah Putih yang memesona. Jika tidak ingin capai dan ingin cepat sampai ke kawah, pengunjung bisa naik angkutan ontang-anting menuju kawah.

hutan mati kawah

2. Spot Berfoto

Sesampainya di atas atau di atas, pelancong sudah bisa memulai aktivitas, di antaranya foto-foto. Sebagai tempat yang memiliki keindahan alam, Kawah putih termasuk tempat yang paling cocok untuk pemotretan. Baik pemotretan amatiran atau pemotretan dengan konsep yang profesional.

Baca: Taman Hutan Raya Djuanda Wisata Alam Di Kota Bandung

Beberapa sudut foto sangat direkomendasikan untuk dijadikan tempat berfoto. Selain itu, terdapat dermaga agar pengunjung bisa melaukan aktivitas berfoto sampai ke tengah danau tanpa basah.

Suasana Romantis di Kawah Putih, bisa dijadikan tempat untuk melakukan pemotretan pra wedding. Beberapa pasangan yang akan menikah, sering menjadikan tempat wisata ini sebagai latar pemotretannya. Namun, Pengunjung harus menyiapkan anggaran yang lebih untuk pemotretan disini. Jika melakukan pemotretan tanpa izin pengelola, resikonya kamera dan asesorisnya akan disita.

3. Mengunjungi Gua Belanda bekas tambang belerang

Selain berfoto, pelancong juga bisa melihat lubang bekas tambang belerang. Tambang ini beroperasi di zaman kolonial belanda yang hasilnya dikirim ke pabrik Zwavel Ontgining. Para pelancong bisa menemukan kawah putih dengan mengikuti petunjuk jalan yang sudah tersedia.

Letaknya berada di sisi tebing bagian selatan kawah putih. Namun, para pelancong tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam gua karena sangat berbahaya.

dermaga jembatan kawah
Dermaga memudahkan wisatawan untuk mengeksplorasi kawah

Tempat Wisata Sekitar Kawah Putih

Kawah putih berada di kawasan wisata Ciwidey, yaitu daerah Bandung Selatan. Jika Bandung utara memiliki Lembang sebagai destinasi wisata, Bandung Selatan memiliki Ciwidey. Banyak terdapat tempat wisata yang bisa melengkapi kunjungan wisata di Bandung Selatan.

Di antara tempat wisata itu adalah, pemandian air panas di Cimanggu dan Ciwalini, Situ Patengang, Buper dan penangkaran Rusa Ranca Upas serta aktivitas outdoor di seberang kawasan kawah putih.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat masuk ke area wisata kawah putih, wisatawan harus membayar tiket masuk. Tiket tersebut tidak termasuk biaya parkir dan angkutan umum. Berikut daftar harga yang harus disiapkan untuk menikmati eksotisme kawah putih.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih
Tiket masuk wisatawan lokalRp20.000,00
Tiket masuk wisatawan asingRp50.000,00
Parkir bawah
MobilRp6.000,00
MotorRp5.000,00
Parkir Atas
MobilRp100.000 – Rp150.000
MotorRp25.000 – Rp35.000
Angkutan ontang-antingRp15.000 PP

Fasilitas Wisata

Pengelola kawah putih hingga saat ini sudah melengkapi berbagai fasilitas untuk menunjang Kepariwisataan. Beberapa fasilitas itu di antaranya, area parkir yang luas cukup untuk memuat beberapa bus, motor dan mobil.

Angkutan ontang anting juga sudah maksimal dalam melayani pelancong yang menuju ke atas kawah. Kebutuhan dasar seperi toilet, jalan beraspal serta paving blok sudah tersedia lengkap. Para pelancong yang berkunjung pasti sangat puas dengan fasilitas yang disediakan di sini.

Transportasi Menuju Kawah Putih

Jika kawasan kawah Putih sudah menjadi tujuan wisata, pengunjung tidak perlu khawatir dan bingung soal transportasi. Sangat mudah menemukan transportasi untuk menuju ke kawasan ini.

Cukup menuju ke terminal Leuwi panjang dan naik elf ke terminal Ciwidey. Sesampainya di Ciwidey, bisa melanjutkan dengan angkutan pedesaan jurusan situ Patengang dan turun tepat di gerbang Kawah Putih.

Alamat & Lokasi

Kawah ini berada di kawasan wisata Ciwidey tepatnya berada di Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11, Lebakmuncang, Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu Sugihmukti, Bandung, Jawa Barat 40972, Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here