Home Jawa Barat Bandung

Dusun Bambu Tiket & 8 Aktivitas Wisata Seru

Dusun Bambu
Dusun Bambu menawarkan aktivitas wisata yang lengkap mulai dari aktivitas, kuliner dan akomodasi. foto: argha yudhatama
Very PoorPoorFairGoodExcellent
4,50/2 Review
Loading...
Dusum Bambu

Dusun Bambu tempat wisata keluarga di Bandung yang menawarkan konsep wisata lengkap dengan berbagai fasilitas. Berbeda dengan tempat wisata yang terletak di kawasan Lembang, Dusun Bambu justru jauh dari Lembang. Letaknya berada di kaki gunung Burangrang. Kawasan yang tidak pernah terpikirkan sebagai tempat wisata.

Namun demikian, kualitas suasana yang ada di Dusun Bambu tidak kalah dengan tempat wisata yang ada di Lembang. Namun, yang tidak dimiliki di kawasan lembang adalah ketenangannya benar-benar seperti berada di dusun (desa).

Daya Tarik Dusun Bambu

Daya tarik lainnya selain memiliki kualitas udara dan suasana yang tenang adalah pemandangan yang luar biasa. Tepat di belakang kawasan ini berdiri gagah gunung Burangrang. Lengkap dengan pemandangan ala pegunungan yang menyejukkan mata.

Baca: Green Canyon Pangandaran Tiket & Top 5 Aktivitas

Danau yang berada tepat di tengah-tengah area penginapan semakin menambah keindahan tempat ini. Hawa yang dingin dengan pemandangan pegunungan akan menambah suasana romantis. Menjadikan tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi semua kalangan.

Dusum Bambu
Dusun Bambu tempat wisata yang menyediakan fasilitas lengkap dari aktivitas wisata sampai akomodasi tematik. foto: Heru Perdanakusumah

Konsep wisata yang ditawarkan oleh Dusun Bambu adalah wisata kuliner. Beserta penginapan yang ada di dalamnya. Selain itu tidak ketinggalan aktivitas wisata kekinian juga bisa menjadi piliha.

Beberapa spot foto sangat instagramable, seperti sarang burung, dermaga danau, kebun bunga dan lain sebagainya. Kegiatan gathering perusahaan dan sekolah dengan permainan membangun tim juga bisa dilakukan di sini. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan.

Wisata Kuliner Di Burangrang

Andalan utama Dusun Bambu adalah wisata kulinernya. Salah satu resto yang berada di kawasan Dusun Bambu adalah Burangrang. Resto ini terletak di sisi utara dari danau dan menghadap pemandangan kota Cimahi.

Baca: Stone Garden & Gua Pawon 5 Aktivitas Wisata

Keindahan yang dimiliki oleh resto ini cukup membuat wisatawan betah makan di sini. Menu andalan yang ditawarkan oleh resto Burangrang adalah ayam dan bebek bakar bamboo betutu. Wisatawan yang berkunjung sangat direkomendasikan untuk memesan menu andalan satu ini.

wisata kuliner dusun bambu
Wisata kuliner di Dusun Bambu bisa menjadi pilihan yang tepat. Berbagai restoran dengan beragam pilihan menu. foto: Dodi Wahyudi

Makan Romantis di Resto Lutung Kasarung

Berbeda konsep dengan Burangrang resto yang memiliki pemandangan luar biasa. Restoran Lutung Kasarung memiliki tempat makan unik. Pengunjung yang memesan makan di sini akan ditempatkan di sebuah tempat yang menyerupai sarang burung.

Tidak hanya sekedar bentuk sarang burung, tapi dengan berbagai bahan yang biasa dipakai sarang burung. Tempatnya pun sama seperti sarang burung berada di ketinggian daratan dengan jembatan sebagai penghubung. Hal lainnya adalah tempat makan tersebut memiliki privasi terbatas, sehingga suasana bisa tambah romantis.

Baca: Situ Patenggang Rancabali Tiket & 5 Aktivitas Wisata

Kuliner Khas Sunda di Saung Purbasari

Sensasi lainnya dalam menikmati kuliner di Dusun Bambu adalah makan lesehan di Saung Purbasari. Suasana pedesaan nampak menjadi pilihan saung purbasari dalam menyajikan menu makanannya. Resto yang berada ditepi danau dengan konsep lesehan menjadi daya tarik utama saung purbasari.

Menu-menu yang disajikan di sini pun tidak lepas dari kesan tradisional seperti tempe baceum dan berbagai macam pepesan. Namun yang pasti, pengunjung yang makan di saung Purbasari akan serasa menjadi si Iteung atau Kabayan.

Restoran purbasari Dusun Bambu
Saung Purbasari restoran dengan berbagai hidangan khas sunda.

Berkemah dan menginap di Leisure Park

Aktivitas lain yang bisa dilakukan oleh pengunjung yaitu berkemah. Sama dengan kebanyakan tempat wisata lembang, Dusun Bambu juga menawarkan berkemah untuk menikmati suasana desa. Suasana alam dengan pepohonan yang tinggi sangat cocok untuk kegiatan berkemah.

Baca: Wisata Kawah Putih Ciwidey Keunikan & Top 5 Aktivitas

Udara kaki Gunung Burangrang yang dingin menjadi sensasi sendiri bagi pengunjung yang berkemah. Konsep berkemah di Dusun Bambu yaitu Berkemah tanpa ribet. Segala perlengkapan kemping sudah ada lengkap disediakan. Tenda, tempat tidur, Kayu Bakar dan makanan sudah disediakan oleh pengelola. Pengunjung tinggal booking untuk mendapatkan fasilitas unik ini.

Namun, bagi pengunjung yang tidak biasa di tenda kemping, bisa memesan akomodasi di cottage. Keunikan lainnya yang bisa ditemui di Dusun Bambu Leisure Park adalah cottage atau vila ala pedesaan sunda.

berkemah dusun bambu
Berkemah tanpa ribet semua sudah tersedia di Dusun Bambu. foto: dusunbambu.com

Rumah panggung dengan ornament padi menggantung di atapnya serta golodog (teras dari bamboo) siap disinggahi pengunjung. Untuk memastikan kamar yang kosong ada baiknya pengunjung menginformasikan dulu dan booking ke bagian reservasi.

Belajar dan bermain di Balad Lodaya

Sebagai tempat wisata yang memliki hampir semua konsep wisata, Dusun Bambu menghadirkan Balad Lodaya. Balad Lodaya adalah sebuah kawasan edukasi dan hiburan untuk anak-anak yang memiliki konsep pedesaan.

Area ini memiliki pesawahan dengan pematang dan padi yang tumbuh di atasnya. Pengunjung bisa sekedar berjalan-jalan berkeliling menyusuri pematang sawah. Pengunjung akan dibawa ke dalam suasana pedesaaan khas Jawa Barat yang asri dan indah.

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di area Balad Lodaya adalah belajar bercocok tanam. Pengunjung (khususnya anak-anak) akan didedukasi bagaimana cara bercocok tanam mulai dari bagian paling mudah hingga bagian paling sulit. Selain mengajarkan teknik bercocok tanam, juga akan dikenalkan pada produk kebun desa setempat.

sawah dusun bambu
Dusun Bambu lengkap dengan area persawahan sebagai sarana edukasil. foto:  Wahyudi Y

Selain persawahan yang menakjubkan, Balad Lodaya Dusun Bambu juga menawarkan permainan tradisional jawa barat. Permainan yang terbuat dari kayu dan bamboo bisa pengunjung coba di area Balad Lodaya ini. Permainan seperti cungkelik cungkedang, ayunan dan berbagai macam haling rintang dari bamboo tersedia di sini.

Bersepeda

Pagi penggemar oleh raga sepeda, bisa menyewa sepeda di Dusun Bambu. Pengunjung bisa bersepda sembari menikmati pemandangan pegunungan dan udaranya yang sejuk. Bersepeda di antara hamparan kebun teh Sukawana yang membentang seakan menyatukan gunung tangkuban Parahu dan Burangrang.

Taman Bunga Arimbi

Bagi wisatawan yang menyukai keindahan alam dengan hamparan bunga. Taman bunga Arimbi sangat cocok untuk dikunjungi. Dengan berbagai macam bunga yang tumbuh, taman Bunga Arimbi ini memiliki keindahan warna-warni alam yang memukau. Berbagai jenis bungan bisa ditemui di taman bunga ini.

Belanja Produk Kebun di pasar Katulistiwa

Sebagai daerah agrowisata kawasan utara dari daerah Bandung menawarkan produk-produk perkebunan. Biasanya produk-produk tersebut bisa didapatkan di sisi jalan setelah pulang dari tempat wisata.

Di tempat wisata ini, produk-produk kebun hasil bercocok tanam warga bisa didapatkan di sini. Kualitas sayurannya pun masih segar karena baru petik dari kebunnya. Dan tidak perlu berkotor di pasar Tradisional, karena di pasar ini kebersihan selalu diperhatikan.

pasar khatulistiwa dusun bambu
Pasar Khatulistiwa menyediakan sayuran dan buah hasil bumi yang terjamin kesegaranya. foto: dusunbamu.com

Fasilitas Dusun Bambu

Fasilitas yang ada di Dusun Bambu sudah terbilang cukup lengkap. Kendaraan besar atau kecil sudah bisa masuk dan mencapai lokasi dengan kapasitas parkir yang luas. Mobil jemputan berbentuk kereta akan menjemput pengunjung dari tempat Droping.

Restoran, tempat oleh-oleh dan penginapan sudah lengkap tersedia. Penyewaan sepeda untuk berkeliling dan perlengkapan kemping bisa disediakan di sini.

Harga Tiket Masuk Dusun Bambu

Untuk dapat beraktivitas di Dusun Bambu, pengunjung harus membeli tiket masuk sebesar Rp. 15.000 perorang. Namun, tiket tersebut hanya sekedar tanda masuk saja, bukan tiket terusan.

Harga Tiket Masuk Dusun Bambu Lembang
Tiket RegulerRp25.000
MotorRp. 10.000
MobilRp. 15.000
Mini BusRp. 25.000
BusRp. 25.000

Untuk fasilitas lainnya, pengunjung bisa membeli tiket di masing-masing wahana yang ada di dusun bambu.

Jam Buka Dusun Bambu

Untuk Jam buka Dusun Bambu setiap hari dari pukul 10.00 hingga 22.00.

Jam Buka Dusun Bambu Lembang
Setiap Hari10.00 – 22.00 WIB

Rute Menuju Ke Dusun Bambu

Untuk dapat menjangkau Dusun Bambu bisa mengakses dari kota Cimahi atau dari Bandung lewat Cihideung Parongpong. Dari arah Cimahi pengunjung bisa akses angkutan umum jurusan Cimahi-Cisarua dari pasa Atas Cimahi. Turun di pertigaan Komando dan naik Ojek untuk sampai di lokasi.

Dari Arah Bandung, Pengunjung diharuskan dulu sampai di terminal Ledeng kemudian naik angkutan jurusan parongpong. Transit di Terminal Parongpong dan lanjutkan naik Angkutan jurusan Parongpong Cisarua turun di Komando, lanjut naik Ojek.

Lokasi Dusun Bambu

Lokasi dari Dusun Bambu sendiri berada di Jalan Kolonel Masturi Km. 11, Situ Lembang, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here