Home Jawa Barat Bandung

CHINATOWN BANDUNG Tiket & Aktivitas

0
Very PoorPoorFairGoodExcellent 4.17 | 12 Readers
chinatown bandung
Chinatown Bandung. foto: Affan B.dirga

Secara harfiah, Chinatown memiliki arti kampung Cina atau lebih dikenal dengan nama Pecinan di Indonesia. Chinatown Bandung sendiri memang sudah ada dari dulu, namun lokasi ini baru diresmikan pada tahun 2017. Suasana di setiap sudut tempat ini dipenuhi dengan nuansa Tionghoa dari mulai bangunan, warna dominan merah dan kulinernya. Selain itu, Chinatown di Bandung ini juga menyajikan perpaduan budaya Tionghoa dan budaya lokal Jawa barat.

Lokasi Chinatown Bandung sendiri memang tidak lepas dari perkampungan China sesungguhnya. Pada awalnya, tempat itu memang ditempati oleh mayoritas etnis Tionghoa dengan kelentengnya yang melegenda. Kelenteng tempat ibadah etnis Tionghoa di sana merupakan kelenteng tertua di kota Bandung.

Pada awalnya pengelolaan tempat ini dipegang oleh yayasan permada dengan nama Vihara Satya Budi. Pada tahun 2017 kemarin, tempat ini difungsikan sebagai kampung wisata dengan konsep Pecinan oleh pemkot Bandung. Di kawasan Chinatown ini, tentunya pengunjung tidak akan hanya “nongkrong” tanpa membeli sesuatu.

Mengunjungi tempat ini perlu bertransaksi walaupun hanya membeli teh manis. Nah perlu diketahui, bertransaksi di kawasan Chinatown Bandung ini tidak memakai uang cash. Semua transaksi yang dilakukan di kawasan Chinatown Bandung menggunakan e-money, kartu kredit atau kartu debit. Bagi pengunjung yang menggunakan kartu kredit akan dikenakan batas minimal transaksi yaitu sebesar Rp.100.000.

Jelajah kawasan China town Bandung

kawasan chinatown Bandung
Kawasan chinatown Bandung lengkap dengan berbagai ornamen dan pernik khas budaya cina. foto: yani yani

Mari mulai menjelajah kawasan ini. Kawasan ini memiliki luas 3000 meter persegi dengan detail perkotaan ala Pecinan. Bentuk bangunan yang didominasi warna merah semakin menambah kesan oriental tempat ini.

Pengunjung bisa sekedar berjalan-jalan menyusuri Pecinan sambil sesekali berfoto. Untuk menambah kesan oriental, pengunjung bisa menyewa kostum khas Pecinan dengan berbagai aksesoris menarik lainnya.

Berkunjung ke museum Chinatown

Museum Chinatown Bandung merupakan tempat pertama yang bisa dikunjungi di awal memasuki kawasan ini. Sesuai dengan namanya, museum ini merupakan penyaji informasi sejarah etnis tionghoa di Indonesia.

barang koleksi chinatown Bandung
Barang koleksi juga bisa dilihat di kawasan pecinan Bandung ini. foto:  Mutia Hidayati

Informasi sejarah tentang etnis Tionghoa di Bandung pun bisa dilihat dari beberapa papan informasi di dinding. Selain itu, beberapa barang antik peninggalan etnis Tionghoa di Bandung juga dipamerkan. Namun harap berhati-hat beberapa barang seperti keramik sangat mudah pecah.

Berswafoto Dengan Suana Khas Budaya Tionghoa

Sebagai tempat wisata yang baru saja muncul, Chinatown Bandung juga menawarkan spot foto yang instagramable. Berbeda dengan Floating market yang bernuansa Jepang dan Korea, di sini tentunya menawarkan nuansa Oriental. Pengunjung juga bisa menyewa kostum khas China dengan warna dominan merah.

Baca: Floating Market Lembang Tiket & Aktivitas Wisata

Berfoto seakan sedang berada di negara tirai Bambu tersebut. Selain memakai baju khas china, pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang khas pecinan. Beberapa spot tersebut memang sangat menawarkan nuansa yang kental dengan rasa pecinan. Tempat seperti di jembatan kecil berwarna merah yang biasa ditayangkan di film-film kerajaan mandarin.

ornamen khas cina
Bebagai ornamen oriental khas budaya cina bisa menjadi latar foto yang tidak biasa. foto: andika alfayruz

Berfoto dengan latar belakang bangunan Pagoda yang terkenal sangat kental dengan nuansa oriental. Beberapa spot foto yang lain pun tidak kalah menarik untuk dijadikan latar berfoto pengunjung. Arsitektur bangunan, lampion, sepeda ontel dan warung kulinernya bisa dijadikan spot foto menarik.

Wisata Belanja

Seperti yang sudah diketahui oleh kebanyakan orang, Bandung merupakan surga bagi para pecinta belanja. Nah di kawasan pecinan ini juga, wisata belanja tidak akan kalah menarik dengan kawasan belanja lainnya seperti Cihampelas. Barang-barang yang dijual di sini pun lebih beragam dari pada tempat yang lainnya.

Selain itu, harga dan kualitas barang yang dijual di sini pun bersaing dengan tempat-tempat lainnya. Namun barang-barang di sini tidak sepenuhnya menawarkan aksesoris Tionghoa, ada juga batik dan beberapa kerajinan khas Pasundan. Keunikan berbelanja yang bisa dirasakan oleh penungjung adalah bentuk bangunan toko yang dibuat seoriental mungkin.

butik di chinatown bandung
Berlanja bisa menjadi salah satu aktivitas menarik di berbagai toko dan butik yang ada di kawasan chinatown bandung. foto: fian zulfikar

Pengunjung yang baru datang ke tempat ini pasti dibuat serasa sedang berada di negeri China. Bagaimana tidak? Pintu masuk toko sudah terdapat papan nama toko dengan tulisan mandarin besar. Selain itu, terdapat dua lampion atau lebih tergantung di depan toko. Hal ini semakin menambah kesan oriental kawasan seluas 3000 m2 ini.

Wahana Permainan Anak

Kawasan ini juga memiliki kawasan ramah anak yang terletak di sebelah selatan dari Chinatown ini. Area untuk anak ini berbentuk playground yang bisa membuat anak-anak mengekspresikan dirinya dengan aktivitas ini.

Beberapa permainan seru seperti perosotan, mandi bola, monkey bar dan mini outbound terdapat di sini. Permainan lainnya seperti memancing ikan dan bermain bola juga bisa dilakukan di tempat ini. Untuk menikmati permainan di sini, pengunjung diharuskan membayar Rp35.000 untuk satu kali masuk.

wahana anak chinatown bandung
Tidak ketinggalan aktivitas buat anak-anak juga ada di chinatown Bandung. foto: Syifa Alwiyah

Wisata Kuliner Yang Lengkap

Chinatown Bandung memang asyik sebagai tempat kumpul keluarga, teman, reunian bahkan dengan kekasih hati. Tidak sah sepertinya jika berkumpul dengan teman-teman tanpa keseruan dan makan-makan. Jangan khawatir, Chinatown Bandung adalah tempat yang paling direkomendasikan untuk acara makan-makan.

Dengan berbagai macam menu yang ditawarkan, kuliner di Chinatown pasti membuat pengunjung tidak kapok datang ke sini. Menu-menu di tempat ini terdiri dari masakan khas oriental seperti mie dengan berbagai kemasan hingga makanan lokal. Jadi tidak perlu khawatir tidak ada menu yang disukai, karena pilihan menunya tidak terbatas pada menu oriental saja.

Beberapa menu justru jajanan khas kota Bandung, seperti cilok, batagor, bakso tahu, dan cireng. Bagi pengunjung muslim tidak perlu khawatir tentang kehalalan, di sini sudah jelas makanan yang halal atau tidak. Namun jika ragu, pengunjung hanya cukup bertanya tentang kehalalan, pasti para pedagang memberikan informasinya.

wisata kuliner chinatown bandung
Wisata kuliner menjadi salah satu kegiatan paling favorit di Chinatown Bandung. foto: Rocky Zhong

Menu-menu di atas bisa pengunjung dapatkan di sebuah lokasi foodcourt dari kawasan Chinatown ini. Selain menu-menu yang sangat menggiurkan, design foodcourt  juga membuat pengunjung nyaman dan betah. Cat dinding dibuat full colour dan bergaya mural, serta penambahan pernak-pernik unik semakin menambah unik. Hiasan lampu gantung dengan kurung ayam di sekelilingnya nampak tergantung indah menambah kesan beda dari foodcourt yang lain.

Fasilitas Chinatown Bandung

Sebagai tempat berwisata yang masih baru, tentunya berbagai fasilitas penunjang terus dikembangkan. Tempat parkir yang ada saat ini masih terbatas pada jalan saja. Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi bisa memarkirkan kendaraannya di jalan kelenteng.

Sebagai tempat wisata jelajah dan belanja, Chinatown telah menyediakan tempat duduk yang cukup banyak dan terbagi ke dalam tiga area besar. Kemudian sebagai wujud toleransi dan kebutuhan mendasar juga, di tempat ini berdiri musala lengkap dengan toilet dan tempat wudu.

Harga Tiket Chinatown Bandung

Untuk masuk kawasan Chinatown, pengunjung harus membeli tiket sebelum masuk ke area Chinatown. Berikut informasi tiket dan harga sewa kostum

Harga Tiket Masuk Chinatown Bandung
Tiket MasukRp30.000
Sewa KostumRp50.000 – Rp150.000

Jam Buka Chinatown Bandung

Kawasan Chinatown dibuka pada jam 11.00 sampai dengan jam 22.00. Waktu terbaik untuk menikmati Chinatown Bandung adalah pada malam hari. Keindahan nyala lampion dipadukan dengan suasana langit yang gelap akan menambah kesan tersendiri.

Jam Buka Chinatown Bandung
Senin – Jumat10.00 – 22.00 WIB
Sabtu Minggu09.00 – 22.00 WIB

Rute menuju China Town

Untuk menuju ke kawasan Chinatown ini sangatlah mudah, karena letaknya yang berada di pusat kota Bandung. pengunjung hanya naik bus kota jurusan Ledeng dari terminal Leuwi Panjang kemudian turun di perempatan Cibadak. Setelah itu, berjalan sedikit ke Jalan Kelenteng.

Jika pengunjung datang dengan kereta di Stasiun Bandung, tinggal naik bus kota jurusan Leuwi Panjang dari pintu utara. Kemudian turun di perempatan Sudirman lanjutkan dengan naik bus kota Cibereum, terakhir turun di Jalan kelenteng. Dan mulailah berpetualang.

Alamat & Lokasi Chinatown Bandung

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Chinatown Bandung, tempat wisata ini berada di Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40182, Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here