Home Jawa Barat Cimais

Pantai Pangandaran Tiket & 10 Aktivitas Seru

0
Very PoorPoorFairGoodExcellent 4.00 | 2 Users
Pantai Pangandaran Pantai Selatan
Pantai Pangandaran berlokasi di jalur pantai selatan pulau Jawa

Pantai Pangandaran merupakan objek wisata yang berada di pantai selatan Jawa Barat. Keindahan garis laut yang memanjang dari timur ke barat menjadi keindahan yang khas. Deburan ombak ala pantai selatan yang kencang turut menghiasi suasana sejuk di Pantai Pangandaran.

Pantainya yang landai membuat pengunjung begitu betah dengan berbagai aktivitas yang dilakukan. Keindahannya di setiap saat menjadi magnet tersendiri untuk menarik perhatian wisatawan baik lokal atau mancanegara. Pantai Pangandaran terletak di Kabupaten Pangandaran yang sebelumnya masuk wilayah Kabupaten Ciamis.

Sejarah Singkat Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran bermula dari sebutan sebuah perkampungan baru yang dibangun oleh para pendatang. Kata “Pangan” berarti makanan dan “Daran” yang berarti pendatang menjadi satu sebutan “Pangandaran” untuk menamai tempat ini. Para pendatang, memilih tempat ini karena ombak atau gelombang laut tidak terlalu kencang.

Hal ini disebabkan karena keberadaan daratan yang menjorok ke laut dan menjadi pemecah gelombang besar. Di versi Lain, Pangandaran merupakan pusat kerajaan pada Abad 15 Masehi sezaman dengan kerajaan Galuh Pangauban. Namun, akibat kesalahpahaman antara Bajak Laut dan pemerintah kerajaan, tempat ini hancur diserang oleh bajak laut.

Sunset Park Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran berbagai aktivitas wisata bisa dilakukan.

Kesalahpahaman ini disebabkan oleh keengganan penduduk menjual hasil bumi mereka kepada bajak laut. Bukan tanpa alasan mereka melakukannya, karena pada saat itu sedang terjadi musim paceklik yang mengakibatkan gagal panen. Pada masa penjajahan, daerah ini dibuka menjadi cagar alam oleh presiden priangan saat itu.

Dengan kekayaan flora dan fauna yang dimilikinya, Pananjung dijadikan cagar alam seluas 530 Ha (Hektare). Tahun demi tahun tempat ini terus berkembang dengan ditetapkannya daerah perairan sekitar cagar alam. Sehingga total luas yang dimiliki oleh cagar alam ini menjadi 1000 Hektare. Dan kini, pengelolaannya diserahkan kepada perum Perhutani unit III Jawa Barat sebagai kepanjangan tangan Perhutani pusat.

Baca: Taman Hutan Raya Juanda 5 Aktivitas Di Keasrian Alam

Kegiatan yang bisa dilakukan

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di area wisata Pantai Pangandaran. Sebagai tempat wisata pantai, permainan yang paling Populer di sini adalah bermain air laut.

1. Berenang

Udara yang panas membuat badan terasa gerah dan ingin kesegaran. Maka, tidak sedikit pengunjung yang menyengaja berenang karena udara panas di pantai. Namun demikian, ada beberapa titik yang harus diwaspadai dan disarankan untuk dijauhi dalam aktivitas berenang.

2. Bermain pasir

Selain Berenang, Garis Pantai yang memanjang dari timur ke barat menyisakan hamparan pasir yang luas. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di Pangandaran adalah bermain pasir. Pengunjung bisa membuat berbagai bentuk benda dengan menggunakan pasir yang ada di sepanjang pantai Pangandaran. Aktivitas ini tentunya, sangat direkomendasikan untuk anak-anak.

Garis Pantai Pangandaran
Garis Pantai yang panjang serta pasir putih salah satu keunggulan wisata Pantai Pangandaran

3. Acara Kebersamaan

Selain di gunung, acara kebersamaan juga bisa dilakukan di pantai ternyata. Aktivitas ghatering sering dilakukan oleh beberapa sekolah dan perusahaan untuk acara kebersamaan. Tarik tambang, bermain bola, dan permainan membangun kerja sama sering dilakukan di Pangandaran. Keseruan dan kekompakan antar individu di setiap perusahaan atau sekolah bisa terjalin erat lagi.

4. Olah Raga Air

Di Pantai timur Pangandaran juga, pengunjung bisa melakukan beberapa permainan Ekstrim yang biasa dilakukan di laut. Di pantai Pangandaran terdapat beberapa jasa operator yang menawarkan permainan olah raga air.

Olah raga air yang bisa dimainkan biasanya Jetski, Banana Boat, Big Mable, Donat, dan Flying Fish. Pengunjung tinggal memilih permainan apa yang cocok untuk dicoba. Harga yang ditawarkan juga bermacam-macam mulai dari Rp79.000 s/d Rp109.000 tergantung jumlah peserta.

5. Mengunjungi Cagar Alam Pananjung

Salah satu hal yang paling menarik di pantai Pangandaran adalah mengunjungi cagar alam di ujung daratan Pananjung. Di dalam hutan ini pengunjung bisa berinteraksi dengan kera ekor panjang dan rusa tutul. Selain binatang, cagar alam ini juga memiliki berbagai macam tumbuhan, bahkan bunga bangkai pernah mekar di tempat ini.

Cagar Alam Pananjung
Bagi yang suka petualangan alam bisa berkunjung ke Cagar Alam Pananjung yang masih satu kawasan dengan pantai Pangandaran

Tempat ini sangat cocok untuk pengunjung yang hobi mengamati, berpetualang dan cinta flora fauna. Untuk masuk ke Cagar alam Pananjung ini, pengunjung harus membayar  Rp20.000 perorang. Selain kekayaan flora dan fauna, di dalam area cagar alam ini pengunjung bisa melihat goa jepang dan goa alam.

Goa peninggalan penjajah jepang ini memang sengaja dibuat untuk perlindungan, tahanan dan gudang senjata. Selain gua buatan manusia, di cagar alam ini juga memiliki beberapa gua yang terbentuk alami. Gua-gua ini juga memiliki nama dan legenda masing-masing yang menyebar secara turun-temurun.

Baca: Situ Patenggang Rancabali Tiket & 5 Aktivitas Wisata

6. Snorkeling di Pasir Putih

Keindahan Pangandaran tidak cukup hanya pada pantai barat dan timur, namun pantai pasir putih juga. Keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di daerah Indonesia timur. Terumbu karang yang ada di sekitar pasir putih bisa kita jelajahi dengan snorkeling. Di sisi pantai banyak orang yang menyewakan peralatan snorkeling untuk para pengunjung. Pengunjung bisa menyewa dengan harga 35.000 sepuasnya.

7. Berperahu

Hal yang sangat bisa dilakukan dan tidak boleh dilewatkan oleh pengunjung di Pangandaran adalah Berperahu. Pengunjung bisa berkeliling area wisata air Pantai Pangandaran dengan perahu. Berkunjung ke pasih putih, singgah di terumbu karang, serta melihat sisi lain dari cagar alam.

Yang terbaru kini adalah mengunjungi kapal tanker yang terdampar di bagian pantai cagar alam. Untuk menikmati layanan ini pengunjung perlu membayar sewa perahu seharga Rp15.000 s/d Rp50.000 perorang.

berperahu di pangandaran
Berperahu menjadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan. Pengunjung bisa menyewa pribadi atau secara rombongan.

8. Kuliner

Hal yang tidak boleh dilewatkan juga ketika berada di area Pantai Pangandaran adalah Wisata kuliner. Berbagai macam menu bisa didapatkan di Pangandaran. Kuliner khas daerah pantai seperti sea food tentunya menjadi andalan kuliner Pangandaran.

Namun siapa sangka, ternyata tidak hanya sea food yang jadi andalah kuliner di Pangandaran. Kuliner yang bisa pengunjung nikmati selain sea food adalah Sate Galunggung, Soto Pangandaran serta Dawet yang segar.

9. Belanja Suvenir

Nah kegiatan yang paling dinantikan saat hari terakhir kunjungan ke Pangandaran adalah Belanja Oleh-oleh. Bagi para Shopaholic, Pangandaran merupakan surga belanja wisata di Jawa barat. Berbagai macam oleh-oleh bisa pengunjung dapatkan di sini.

Mulai dari makanan, kerajinan, dan pakaian. Namun, oleh-oleh khas yang paling diburu di Pangandaran adalah Ikan Asin Jambal Roti. Pengunjung bisa mendapatkannya dengan harga yang bervariasi tergantung kualitas dan tempat menjualnya.

Fasilitas Umum Di Pantai Pangandaran

Sebagai tempat wisata yang paling popular dari sejak dulu, fasilitas di Pangandaran tidak perlu dipertanyakan. Akses jalan sangat rapih dan mulus, area parkir kendaraan sangat luas serta mampu menampung berbagai macam kendaraan.

Toilet, Masjid, Penginapan dari losmen hingga hotel berbintang mudah ditemukan di Pangandaran. Fasilitas penungjang lainnya pun seperti warung nasi hingga resto tersebar merata di Pangandaran. Penunjung hanya diimnta untuk siapkan budget yang cukup dengan rencana liburannya dan jangan khawatirkan fasilitas.

Pemandangan garis pantai pangandaran
Pemandangan garis pantai dilihat dari ketinggian

Transportasi Angkutan Umum Menuju Pantai Pangandaran

Untuk menuju ke Pangandaran, berbagai macam perusahaan transportasi sudah bisa diakses. Bus serta pesawat perintis sudah dengan mudah di terminal darat dan udara Pangandaran. Jika wisatawan dari Jakarta, bisa langsung naik bus dari terminal Kampung Rambutan langsung ke Pangandaran.

Jika memilih kereta, pastikan kereta transit di stasiun Banjar karena tidak ada kereta langsung. Kemudian lanjutkan dengan bus menuju Pangandaran.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Nah Jika Pantai Pangandaran sudah jadi tempat tujuan wisata, pengunjung perlu menyiapkan uang cash. Berikut daftar harga tiket masuk ke kawasan wisata Pantai Pangandaran:

Harga Tiket Pantai Pangandaran
Pejalan KakiRp5.800
Sepeda MotorRp13.500
Mobil Jeep/SedanRp34.000
Mini BusRp65.000
Elf Mini BusRp122.000
Bus SedangRp186.000
Bus BesarRp307.000

Lokasi Pantai Pangandaran

Letak Geografis pantai pangandaran berada di tenggara Jawa Barat. Daerah ini berbatasan langsung dengan kabupaten Banjar, Ciamis dan Cilacap. Hal ini cukup memengaruhi kebudayaan dan bahasa penduduk setempat yang bermacam-macam. Kebudayaan dan Bahasa Jawa tengah berbaur dengan kebudayaan Jawa Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here