Home DI Yogyakarta

Candi Borobudur: Tiket, Atraksi & Aktivitas

Borobudur Temple / Candi Borobudur
Borobudur Temple / Candi Borobudur
Very PoorPoorFairGoodExcellent
4,55/29 Review
Loading...
Taman Wisata Candi Borobudur

Nama Candi Borobudur sesungguhnya berasal dari bahasa Sansekerta yakni Vihara Buddha Uhr yang memiliki arti “Biara Buddha di Bukit”. Situs berupa candi Buddha terbesar di dunia ini merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Indonesia baik bagi  wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dibangun pada masa Dinasti Syailendra, di bawah pemerintahan Raja Samaratungga, Candi Borobudur didirikan sebagai tempat suci para penganut Buddha Mahayana pada masa itu. Dengan kata lain, Candi Borobudur dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Sang Buddha.

Borobudur masuk kedalam salah satu situs warisan dunia milik UNESCO. Candi ini memiliki enam buah teras berbentuk bujur sangkar dan tiga buah pelataran melingkar di atasnya. Setiap bagian dinding candi dihiasi oleh 2.600 relief serta arca Buddha yang berjumlah ratusan. Ada 72 buah stupa berlubang yang mengelilingi tiga barisan melingkar tersebut.

Pada bagian tengah sekaligus paling puncak, terdapat stupa utama yang bentuknya paling besar diantara stupa-stupa lainnya. Uniknya, setiap balok-balok vulkanik yang menyusun bangunan seluas 123×123 meter persegi ini tidak menggunakan perekat seperti semen untuk tersusun dengan tepat.

Sejak ditemukannya pada tahun 1814 oleh seorang Gubernur Jenderal Inggris bernama Sir Thomas Stamford Raffles, Candi Borobudur sudah banyak mengalami upaya penyelamatan dan pemugaran. Oleh karena itulah, candi agama Buddha ini dapat dinikmati secara langsung sebagai objek wisata sekarang ini selain sebagai tempat ziarah keagamaan bagi umat Buddha.

Terbukti dengan setiap peringatan hari raya Waisak, umat Buddha dari seluruh Indonesia datang ke sini untuk memperingatinya. Tak hanya itu, umat Buddha dari berbagai Negara penganut Buddha seperti Thailand, Cina, Kamboja dan Tibet kerap kali datang ke Candi Borobudur saat hari raya yang selalu bertepatan dengan Purnama Siddhi di bulan Mei.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Harga Tiket Candi Borobudur
Tiket Perorangan
Anak (3-10 tahun)Rp20.000
DewasaRp40.000
Tiket Rombongan
Candi BorobudurRp20.000
Candi Borobudur, Pawon dan MendutRp30.000
Tiket Terusan Candi Borobudur
 Candi Borobudur – Candi Ratu Boko Anak Rp35.000
 Candi Borobudur – Candi Ratu Boko Dewasa Rp75.000
 Candi Borobudur – Prambanan Anak Rp35.000
 Candi Borobudur – Prambanan AnakRp75.000
 Candi Borobudur – Sendratari Ramayana (Kelas II) Anak Rp135.000
 Candi Borobudur – Sendratari Ramayana (Kelas II) Dewasa Rp150.000
Paket Sunrise Candi Borobudur
Tiket Sunrise Candi Borobudur AnakRp162.500
Tiket Sunrise Candi Borobudur DewasaRp325.000

Harga tiket masuk kawasan Candi Borobudur dibagi menjadi tiga kategori yaitu tiket perorangan dan tiket rombongan. Untuk tiket perorangan, ada dua paket wisata yang dapat dinikmati. Pertama, tiket masuk taman wisata candi Borobudur saja.

Turis dewasa yang berusia mulai diatas 10 tahun harus membayar sebesar 40.000 rupiah per orang. Sedangkan untuk anak-anak dalam kategori usia 3 – 10 tahun, hanya membayar sebesar 20.000 rupiah.

Sementara itu untuk turis asing dewasa membayar sejumlah 15 USD dan turis anak-anak sebesar 8 USD. Ada juga paket taman wisata lengkap yakni Borobudur, Pawon dan Mendut dengan harga tiket masuk orang dewasa 60.000 rupiah dan anak-anak sebesar 30.000 rupiah.

Harga tiket rombongan Candi Borobudur juga dibagi menjadi dua paket wisata yakni paket taman wisata candi Borobudur dan paket taman wisata Borobudur, Pawon dan Mendut. Tiket masuk yang perlu dibayar masing-masing berturut-turut Rp20.000 rupiah dan Rp30.000.

Semua tiket masuk tersebut sudah termasuk ke dalam asuransi sebesar Rp500. Sedangkan untuk tiket paket terusan menawarkan tiga buah paket wisata yakni paket Candi Borobudur – Candi Ratu Boko dengan harga untuk orang dewasa sebesar Rp75.000, dan anak-anak sebesar Rp35.000.

Paket kedua adalah Candi Borobudur – Prambanan dimana harga tiket masuk orang dewasa dan anak-anak sama dengan paket pertama. Paket ketiga adalah Candi Borobudur – Sendratari Ramayana (Kelas II) yang dibayar seharga Rp150.000 untuk orang dewasa dan Rp135.000 untuk anak-anak.

Bila wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur memiliki keinginan untuk melihat matahari terbit, maka paket sunrise pun bisa dinikmati di sini. Harga paketnya cukup mahal untuk wisatawan yakni sebesar Rp325.000 untuk orang dewasa dan Rp162.500 untuk anak-anak.

Paket sunrise tersebut sudah termasuk ke dalam biaya minuman dan snack. Bagi yang berminat, paket tiket ini dapat dibeli langsung di hotel Manohara yang berada tidak jauh dari kompleks candi mulai pukul 04.30 WIB.

Jam Buka Candi Borobudur

Jam Buka Candi Borobudur
Borobudur Sunrise04.30 – 18.00 WIB
Borobudur Pass06.00 – 17.00 WIB
Borobudur Sunset05.00 – 18.30 WIB

Para pengunjung dapat mengunjungi kawasan Candi Borobudur setiap hari, baik itu hari biasa, akhir pekan maupun hari libur. Pada perayaan Waisak pun kerap kali umat Buddha yang sedang merayakannya mengundang banyak wisatawan.

Baik itu domestic maupun mancanegara untuk datang bersama-sama melepas ratusan lampion ke langit. Lampion-lampion tersebut menandakan pengharapan akan harapan serta nasib baik dalam kehidupan satu tahun ke depan.

Aktivitas & Atraksi Kawasan Candi Borobudur

Tak hanya menikmati peninggalan sejarah agama Buddha terbesar di seluruh dunia, para pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas untuk menikmati wisata menarik di kawasan Candi Borobudur. Beberapa aktivitas dan wahana yang bisa dinikmati tersebut adalah sebagai berikut.

Menunggangi Gajah

Bosan dengan foto-foto? Tak ada salahnya menikmati Borobudur dengan cara lain. Misalnya saja dengan melakukan Safari Gajah Borobudur, yakni menunggangi gajah di sepanjang desa, sawah serta pinggir sungai sekitar Candi megah ini. Pengunjung dapat merasakan langsung udara desa yang bersih dan menyegarkan pikiran.

Trackless Train

Bagi wisatawan domestik yang membawa keluarga serta anak-anak saat berlibur ke Candi Borobudur, menikmati aktivitas yang satu ini dapat membuat anak-anak menjadi tidak merasakan lelah karena berjalan kaki sepanjang area Borobudur. Trackless Train atau kereta kelinci adalah sebuah kereta yang dapat dinaiki untuk mengelilingi Candi Borobudur dengan mudah.

Wisata Kuliner

Sangat tidak lengkap rasanya jikalau mengunjungi kawasan Candi Borobudur tanpa merasakan cita rasa kuliner di kawasan candi yang beragam. Para pengunjung dapat melepas lelah di beberapa warung makan yang sudah melegenda di kawasan tersebut.

Salah satu menu populer yang kerap kali menjadi santapan wajib para wisatawan kawasan Borobudur adalah Bakmi Jawa dan Tongseng Jamur. Kedua menu kuliner tersebut sangatah lezat, serta memiliki manfaat yang tidak diragukan lagi misalnya saja tongseng jamur.

Bersepeda

Aktivitas lain yang dapat dilakukan oleh pengunjung adalah dengan bersepeda. Untuk bersepeda, pengunjung tinggal menyewa sepeda yang disediakan di sekitar candi. Waktu paling tepat untuk menyusuri indahnya areal persawahan dan candi adalah di waktu pagi dan sore hari.

Ini akan menjadi aktivitas libur yang sangat menyenangkan karena pengunjung dapat mengunjungi lokai Candi Mendut dan Candi Pawon dari Candi Borobudur menggunakan alat transportasi ini dengan mudah. Di sepanjang jalan, pengunjung akan menikmati pemandangan desa serta area sekitar candi.

Mengunjungi Desa

Ingin belajar membuat gerabah dan menyaksikan joglo kuno yang usianya sudah lebih dari satu abad? Wisatawan dapat mengunjungi Dusun Klipoh dan Dusun Jowahan yang berada di sekitar Borobudur untuk dapat merasakan langsung pengalaman langkah tersebut.

Beberapa cara bisa ditempuh untuk sampai ke dusun-dusun yang dituju, misalnya saja naik sepeda, andong atau bahkan hanya berjalan kaki.

Menikmati matahari terbit

Matahari terbit tidak hanya bisa disaksikan dari pinggir pantai, lho. Namun, ternyata menikmati waktu-waktu tatkala sang surya mulai menampakakan wajahnya di kawasan wisata Candi Borobudur pun merupakan pengalaman yang indah dan akan tetap terkesan dalam ingatan.

Ada dua spot penting yang dapat digunakan pengunjung untuk menikmati indahnya matahari terbit. Pertama, di puncak candi. Keheningan pagi, serta hangatnya sang mentari dapat langsung dirasakan diantara megahnya Borobudur. Kedua, dari puncak Bukit Punthuk Setumbu.

Ketinggiannya yang dapat mencapai 400 meter di atas permukaan laut membuat para wisatawan bisa langsung melihat pemandangan matahari terbit yang menakjubkan di Candi Borobudur

Sunset yang Mengagumkan

Para pengunjung juga dapat menikmati indahnya suasana senja hari dari Candi Borobudur. Matahari tenggelam di antara deretan stupa-stupa cantik di Candi megah ini sangat bagus dijadikan objek-objek foto yang menarik. Belum lagi keindahan matahari yang perlahan tenggelam seolah akan menyihir siapapun yang memandangnya.

Baca: Taman Safari Prigen Tiket & Atraksi 2018

Objek Foto yang Menarik

Seperti halnya objek-objek wisata lainnya, Candi Borobudur tentunya menawarkan spot-spot menarik untuk difoto dan disimpan dalam lensa kamera. Banyak angle cantik dan pas yang bisa dipotret.

Salah satunya adalah pemandangan matahari terbit dan terbenam yang sangat indah bila dipotret dari atas Borobudur. Terpenting, siapkan kamera dan abadikanlah pemandangan alam yang indah di kawasan Borobudur.

Fasilitas di Sekitar Candi Borobudur

Beberapa fasilitas area taman yang bisa dikunjungi dalam kawasan Borobudur adalah Museum Karma Wibhangga dan Museum Kapal Samudra. Para pengunjung dapat mengetahui informasi tentang pembangunan Candi Borobudur di Museum Karmawibhangga.

Sedangkan di Museum Samudera Raksasa, para wisatawan dapat melihat berbagai koleksi sekaligus mengetahui informasi mengenai sejarah perdagangan Asia – Afrika zaman dahulu di Nusantara.

Fasilitas-fasilitas lain adalah kereta mini dan sepeda yang dapat digunakan untuk mengelilingi area kompeks Borobudur yang luas. Tak hanya itu, pihak pengelola Borobudur juga menyediakan Visitor Center beserta Audio Visual.

Studio ini akan memutar film yang memberikan informasi lebih jelas dan beragam mengenai Candi Borobudur. Setelah dari Visitor Center, pengunjung juga dapat merasakan bermacam area permainan yang ada beserta fasilitas balon udara yang merupakan fasilitas baru di kompleks Borobudur.

Selain itu, sebelum pulang para wisatawan juga dapat melihat banyaknya dereant kios kios penjual souvenir khas Borobudur. Bukankah tidak afdol rasanya jikalau mengunjungi sebuah tempat wisata, tidak membawa pulang oleh-oleh atau souvenir khas daerah tersebut?

Nah, para pengunjung dapat membeli beragam souvenir seperti kaos, gantungan kunci, topi atau kerajinan tas khas daerah Magelang atau daerah sekitar Borobudur.

Transportasi Umum ke Candi Borobudur

Sebenarnya cara paling praktis untuk mengunjungi Borobudur adalah memakai kendaraan bermotor seperti motor dan mobil pribadi. Namun, pengunjung yang lebih memilih naik transportasi umum juga tidak masalah.

Banyak bus yang memiliki jurusan Borobudur dapat ditemukan dengan mudah di terminal-terminal, misalnya saja bila datang dari Yogyakarta, maka bus-bus jurusan Borobudur sudah tersedia di sana. Cara lain yang bisa dicoba adalah menggunakan jasa agen perjalanan wisata.

Sementara itu, bila para pelancong berasal dari luar kota Yogyakarta yang datang dari bandara internasional Adisucipto, maka cara pilihan terbaik menggunakan transportasi umum adalah naik bis Damri yang akan langsung ke kawasan Borobudur tanpa berhenti di terminal Jombor terlebih dahulu.

Alamat Candi Borobudur

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Borobudur tidak akan kesulitan mencari lokasi candi megah tersebut. Berjarak 40 km dari arah barat laut kota Yogyakarta, 86 km dari arah barat Surakarta dan 100 km dari kota Semarang.

Kawasan Candi sebenarnya masuk ke dalam paket wisata Yogyakarta menilik lokasinya yang lebih dekat ke Yogyakarta, namun lokasi candi ini sesungguhnya berada di Kabupaten Magelang. Lebih tepatnya, Candi Borobudur terletak tepat di Jalan Badrawati, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here