Home Jawa Tengah

Punthuk Setumbu: Tiket, Atraksi Sunrise & Aktivitas

Matahari terbit di Punthuk Setumbu
foto: flickr/badroe zaman
Very PoorPoorFairGoodExcellent
4,67/9 Review
Loading...
Punthuk Setumbu

Melihat, berkeliling dan menikmati pemandangan di atas candi Borobudur adalah hal yang biasa. Sebenarnya ada tempat yang lebih asik menikmati keindahan candi Borobudur. Tempat tersebut bernama Punthuk Setumbu. Punthuk Setumbu berarti gundukan tanah seperti tumbu (nama wadah yang terbuat dari anyaman bamboo). Jika disederhanakan Punthuk Setumbu memiliki arti bukit yang berbentuk seperti tumbu.

Punthuk Setumbu terletak di gugusan pegunungan Menoreh. Punthuk Setumbu adalah sebuah bukit yang memiliki ketinggian kurang lebih 400 mdpl. Terkenal sebagai lokasi untuk melihat matahari terbit dengan siluet candi Borobudur. Dengan matahari terbit dan selimut kabutnya yang terkenal, tempat ini baik dikunjungi saat fajar.

Pada awalnya, bukit ini merupakan ladang milik warga. Berkat seorang Juru foto yang mengambil gambar matahari terbit, pengunjung mulai berdatangan ke tempat ini. Bukan hanya Juru foto, lambat laun tempat ini ramai dikunjungi oleh masyarakat umum.

Memang, tempat ini sangat cocok untuk menikmati matahari terbit karena pemandagannya yang eksotis. Penampakan candi Borobudur yang berselimut di pagi hari menambah nikmat yang dirasakan. Hingga tidak terasa para pengunjung bersyukur pada sang pencipta.

Tiket Punthuk Setumbu

Untuk bisa menikmati keindahan alam dan Borobudur dari Punthuk Setumbu wisatawan dibebankan biaya tiket. Tiket Punthuk Setumbu masih tergolong terjangkau.

Tiket Puntuk Setumbu
Harga TiketRp15.000
Parkir MobilRp5.000
Parkir MotorRp2.000

Jam Operasional Wisata Punthuk Setumbu

Bagi yang ingin berkunjung ke Punthuk Setumbu disarankan datang dari subuh. Karena atraksi yang paling utama di Punthuk Setumbu adalah melihat matahari terbit. Sedangkan untuk camping dan bermalam bisa dilakukan hari Sabtu dan Minggu. Mengingat Puntuk Setumbu dibukan 24 Jam di akhir pekan.

Jam Operasional Punthuk Setumbu
Hari Biasa04.00 – 17.00 WIB
Akhir Pekan24 Jam

Aktivitas di Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu memiliki pemandangan yang luar biasa. Terutama pemandangan di pagi hari dengan matahari terbitnya. Beberapa aktivitas bisa dilakukan dengan mengekploitasi pemandangan di kawasan ini. Di antara aktivitas tersebut adalah,

Menyaksikan Matahari Terbit

foto: flickr/kukuh wardoyo

Dengan ketinggian kurang lebih 400 MDPL, Punthuk Setumbu sangat cocok untuk menyaksikan matahari terbit. Makanya, jika ingin menikmati pagi yang berbeda di kota Magelang wajib mengunjungi tempat ini pada saat pagi hari. Selain pemandangannya, udara di tempat ini juga sangat nikmat dirasakan di pagi hari. Dan pastinya kebagian tempat yang nyaman untuk santai.

Jika para pengunjung tidak ingin ketinggalan pertunjukan kolosal alam. Pengunjung harus tiba di puncak bukit jam 5 subuh. Pertunjukan diawali dengan pemandangan lampu-lampu kota di bawah bukit. Kemudian berangsur padam digantikan cahaya surya yang menyapa dengan hangatnya. Penampakan siluet candi Borobudur yang berselimut awan menjadi adegan berikutnya yang tidak kalah epic. Dan pertunjukan diakhiri dengan langit yang membiru. Sungguh ciptaan tuhan yang maha sempurna.

Foto Hunting

Karena pemandangannya yang epic, tempat ini cocok dijadikan tempat foto terutama foto Landscape. Jelas, tempat ini juga terkenal karena bidikan kamera landscape. Untuk para pengunjung yang memiliki hobi memotret, tentunya tidak sah jika tempat ini dilewatkan.

Selain landscape tempat juga cocok untuk para pengunjung yang hobi selfie dan mengunggahnya di media sosial. Para pengunjung bisa mengabadikan siluet dirinya berlatar matahari terbit yang muncul dari pegunungan merapi dan merbabu. Apalagi jika mendung tiba, kabut yang turun akan menambah keindahan tempat ini untuk diabadikan.

Syuting film

Keindahan alam di Punthuk Setumbu ini juga pernah dijadikan latar film AADC 2. Film ini dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Dian Sastro. Lokasi tepatnya berada di gereja jago yang terletak tidak jauh dari puncak. Dalam adegannya Rangga mengajak Cinta untuk melihat matahari terbit. Film ini juga sedikit mendongkrak populeritas Punthuk Setumbu sebagai lokasi wisata.

Jalan kaki / Trekking

Udara yang sejuk khas daerah pegunungan, menjadikan tempat ini sebagai lokasi berolah raga. Olah raga yang bisa dilakukan di sini adalah berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Berawal dari pengunjung memarkirkan kendaraannya pengunjung akan mulai menyusuri jalan makadam. Kemudian perjalanan memasuki jalan setapak dan mendaki anak tangga setelah macadam berakhir.

Aktivitas jalan kaki di sini cukup menantang. Udara yang basah dan dingin, jalan yang becek karena embun menjadi teman sepanjang perjalanan. Namun, lelah jalan kaki tadi terbayar lunas setelah pengunjung sampai di puncak. Udara yang dingin, pemandangan yang penuh magis menjadi imbalan setimpal.

Punthuk Setumbu
foto: wiki commons/Ramdhani03

Gereja Ayam

Pengunjung bisa juga mengunjungi Gereja Ayam. Gereja ini dinamakan demikian karena memang bentuknya mirip ayam jago. Di bagian atap yang berbentuk kepala, para pengunjung bisa melihat pemandangan yang tidak kalah eksotis.

Untuk mencapai ke lokasi ini, pengunjung bisa kembali tempat parkir kemudian melanjutkan dengan kendaraan. Dan memilih jalur jalan kaki melalui hutan sejauh 1 km. wow, kebayang capeknya. Tapi tenang, jika pengunjung tidak membawa kendaraan, pengunjung bisa memakai ojek untuk kembali ke parkiran.

Fasilitas Punthuk Setumbu

Sebagai tempat wisata yang sedang populer saat ini. Punthuk Setumbu terus memantaskan dirinya untuk diminati para pengunjung. Beberapa fasilitas terus dibangun dan dipercantik.

Faslitas yang sudah tersedia di Punthuk Setumbu di antaranya, Gazebo, Toilet, tempat parker, Musola, warung makan, Gardu Pandang, spot foto, camping Ground, dan penginapan. Penginapan yang sudah tersedia di sini berupa hotel dan rumah warga yang disewakan.

Angkutan Umum Ke Puntuk Setumbu

Ada beberapa akses yang bisa digunakan pengunjung untuk menuju ke Punthuk Setumbu. Namun, yang paling mudah bisa diakses dari jogja. Jika pengunjung memulai perjalanan dari bandara Adisucipto, pengunjung bisa langsung menuju ke magelang dengan bus. Bus Bandara ini mengangkut penumpang hingga ke Magelang.

Pengunjung juga bisa menggunakan bus ekonomi dari terminal Jomhor langsung ke Magelang dengan tiket sepuluh ribu saja. Selain itu ada juga akses dari terminal giwangan. Pengunjung bisa memilih bus kecil agar langsung menuju candi Borobudur dan dilanjutkan dengan transportasi lokal di kawasan candi.

Lokasi wisata Punthuk Setumbu buka dari fajar sampai jam 17.00. harga tiket masuk di sini juga lumayan murah. Dengan harga lima belas ribu per orang, pengunjung akan terpuaskan dengan keindahan alam yang luar biasa.

Tips Berkunjung ke Punthuk Setumbu

Bagi wisatawan yang berencana mengunjungi Punthuk Setumbuk. Berikut beberapa tips yang bisa dipertimbangkan.

  1. Hindari datang pada saat musim hujan. Keindahan Alam di Punthuk Setumbu tidak akan terlihat karena tertutup awan hitam.
  2. Untuk kenyamanan dan kepuasan menikmati alam di Punthuk Setumbu, jangan datang saat akhir pekan. Karena di akhir pekan pengunjung akan sangat ramai.
  3. Bawa kamera terbaik untuk mengabadikan keindahan matahari terbit dan alam.
  4. Gunakan pakaian yang nyaman untuk aktivitas di luar. Jangan sampai salah kostum, karena bisa merusak suasana liburan tentunya.
  5. Siapkan fisik yang fit mengingat punthuk setumbu termasuk wisata jenis wisata luar ruang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here