Home Bali-id

Kesejukan Air Terjun Tegenungan & 5 Aktivitas Seru

0
Very PoorPoorFairGoodExcellent 4.50 | 6 votes
Air Terjun Tegenungan
Air Terjun Tegenungan salah satu objek wisata di Gianyar yang menawarkan kesejukan dan kesegaran alam.

Bali tidak hanya terkenal dengan wisata di kawasan pantai saja, banyak objek wisata alam lain yang lebih menarik. Salah satunya air terjun tegenungan. Sebuah air terjun yang berada di saluran sungai Petanu. Air terjun ini memiliki tinggi kurang lebih 15 meter. Debit air di sungai ini cukup deras, apalagi jika musim hujan, debit air akan lebih besar. Jika wisatawan berkunjung pada musim kemarau, akan menemukan air yang jernih.

Air terjun Tegenungan merupakan objek wisata air terjun yang paling dekat dengan Denpasar. Air terjun ini sebenarnya bernama Srongsongan. Disebut air terjun tegenungan karena akses masuknya dari banjar Tegenungan yang berada di sisi barat. Tepatnya berada di Desa Kemenuh Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar Bali.

Air terjun tegunungan juga dikenal dengan nama air terjun Blangsinga. Nama Blangsinga dipakai karena masyarakat desa Saba membuat akses jalan baru dari sebelah timur. Akses baru ini melewati wilayah banjar Blangsinga. Tepatnya di Desa Saba, Kecamatan Blahbatu Kabupaten Gianyar Bali. Karena lokasinya terletak di perbatasan banjar Tegenungan dan Blangsinga, membuat air terjun ini memiliki dua nama. Air terjun Tegenungan dan air terjun Blangsinga.

Aktivitas Di Air Terjun Tegenungan

Bagi pecinta wisata alam Air terjun Tegenungan bisa menjadi pilihan alternatif wisata di Bali. Berbagai aktivitas wisata bisa dilakukan di air terjun ini. Berikut beberapa diantaranya.

1. Hiking Menuju Air Terjun

Untuk mencapai air terjun ini, wisatawan harus berjalan kaki menyusuri lembah dan turunan. Wisatawan bisa melihat air terjun tegenungan ini dari gazebo paling atas yang berada di dekat parkiran. Pemandangan alam dan pohon-pohon tropis menjadi teman sepanjang jalur perjalanan. Dimulai dari parkiran, wisatawan langsung disambut dengan ratusan anak tangga menuruni lembah.

Baca: Pura Monkey Forrest Hutan Suci Ubud 

Di dasar lembah, wisatawan akan menemukan pemandian dengan airnya yang jernih. Pemandian ini masih dipakai masyarakat setempat untuk mengambil air dan lokasinya dekat pura. Dari pemandian ini, wisatawan masih harus berjalan menyusuri sungai Petanu. Rasa lelah akan terbayar lunas ketika wisatawan sampai tepat di bawah air terjun.

2. Objek Foto dan Pemandangan Yang Menakjubkan

Pemandangan Air Terjun
Pemandangan air terjun yang elok bisa menjadi bisa menjadi tambahan koleksi foto. img: flickr

Wisatawan yang sudah sampai dibawah air terjun tentunya akan menemukan surga dunia. Air terjun Tegenungan memiliki debit air yang besar. Walaupun tidak tinggi, besarnya debit air menimbulkan percikan indah di dasar lembah. Gemuruh suara air membawa pesan damai alam yang sering orang-orang cari. Ditambah dengan keindahan tebing-tebing batu di sekeliling menambah kesan alami tempat ini.

Keindahannya inilah yang menarik perhatian wisatawan yang hobi dengan fotografi untuk mengabadikannya. Banyak titik foto menarik yang bisa di eksplor oleh wisatawan di tempat ini. Seperti di atas air terjun, tebing tingkat ke dua, dan di bawah air terjun. Di tingkat kedua tebing dengan latar air meluncur dari atas sering menjadi spot foto yang menarik. Begitu pun lokasi di bawah air terjun bisa menjadi kenangan manis untuk dibawa pulang.

3. Merasakan Kesejukan Air Terjun Tegenungan

Di bawah air terjun terdapat sebuah cekungan yang terbentuk akibat limpahan air. Cekungan ini menyerupai kolam dengan pancuran air berdebit sangat tinggi di belakangnya. Jernihnya air ini sering dijadikan wisatawan untuk mandi setelah letih berjalan mencapai tempat ini. Namun jika musim hujan tiba, wisatawan tidak dianjurkan mandi karena debit air akan meningkat.

Baca: Pura Peliatan Agung Atraksi Wisata Tak Boleh Terlewatkan Di Ubud

Wisatawan yang tidak ingin mengambil resiko bahaya di bawah air terjun bisa memanfaatkan pemandian. Pemandian sudah tersedia di sekitar air terjun Tegenungan. Pemandian yang ada di sini sudah disediakan pancuran untuk lebih memudahkan wisatawan mandi. Pemandian ini sering digunakan juga oleh masyarakat sekitar untuk mengambil air di pagi dan sore hari.

Mandi Air Terjun
Wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun juga bisa mandi dan merasakan kesejukan air tegenungan. foto: flickr

4. Melompat Dari Tebing

Jika wisatawan cukup memiliki nyali bisa mencoba untuk melompat dari tebing tingkat kedua. Dulu pernah ada fasilitas bungee jumping namun, tidak diteruskan karena dianggap tidak alami. Kini dengan kealamiannya air terjun tegenungan cukup memompa adrenalin dengan lompatannya. Untuk wisatawan yang tidak memiliki pengalaman, disarankan untuk tidak mencobanya. Tidak adanya petugas penyelamat menjadi alasan utama untuk tidak melakukannya.

5. Menikmati Kuliner dan Berbelanja

Di sekitar air terjun sudah tersedia banyak warung bahkan restoran. Warung dan restoran ini menjajakan berbagai jenis makanan khas Bali khususnya daerah Tegenungan. Berbagai menu bisa dijumpai dan dinikmati di antaranya, Dadar Gulung, Sate khas Bali, Kue Ikan Bali, dan lain-lain. Beberapa Restoran bahkan memiliki pemandangan langsung ke air terjun tegenungan.

Wisatawan bisa bersantai di berbagai restoran sambil memandang ke arah air terjun.

Wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh yang dijajakan di sepanjang jalan menuju ke air terjun. Oleh-oleh ini dijajakan di kios-kios yang berjajar. Di antara oleh-oleh yang dijajakan adalah barang-barang kerajinan hasil karya penduduk setempat, jika beruntung dan bisa menawar, wisatawan bisa membeli oleh-oleh dengan harga yang cukup murah.

Harga Tiket Air Terjun Tegenungan

Pengunjung yang ingin berwisata ke ojek wisata ini dikenakan biaya tiket masuk yang cukup murah. Harga tiket masuk Air Terjun Tegenungan hanya Rp15.000.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tegenungan
TiketRp15.000

Jam Buka

Wisatawan sudah bisa mulai datang dari pagi hingga sore hari.  Waktu terbaik untuk berkunjung ke objek wisata Tegenungan ini pada pagi atau sore hari.

Jam Buka Air Terjun Tegenungan
Setiap Hari06.30 – 18.30 WITA

Transportasi Menuju Air Terjun

Lokasi air terjun Tegenungan berada di Desa Kemenuh Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar Bali. Untuk menuju ke air terjun ini, wisatawan hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Bagi wisatawan yang datang dari mana pun, bisa menjadikan pasar seni sukawati sebagai patokannya. Wisatawan bisa menuju ke pasar sukawati terlebih dahulu, untuk kemudian melanjutkan ke Air Terjun Tegenungan.

Fasilitas

Karena tempat ini semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Fasilitas di lokasi wisata ini terus diperbaiki. Beberapa fasiliats yang bisa dimanfaatkan sebagai berikut.

  • Jalan masuk dan anak tangga yang rapi dan tidak licin.
  • Warung makan dan restoran sudah banyak ditemui.
  • Toilet dan pancuran tempat mandi sudah bisa diakses
  • Parkiran yang luas untuk kendaraan roda dua dan empat

Tips Wisata ke air terjun Tegenungan

Agar kunjungan lebih nyaman ada beberapa hal yang perlu diperhatikan wisatawan.

  1. Pilih musim kemarau jika air terjun tegenungan masuk dalam daftar wisata.
  2. Gunakan sepatu atau alas kaki yang cocok untuk aktivitas outdoor.
  3. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa.
  4. Datang di saat udara sejuk, baik pagi atau sore hari.

Lokasi Air Terjun Tegenungan

Berjarak kurang lebih 10 Kilometer dari Ubud, Air Terjun Tegengungan berlokasi di Jalan Ir. Sutami, Kemenuh, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80581.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here