Air terjun Tlogo Muncar

Kawasan Wisata Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang Sleman

Air Terjun Tlogo Muncar merupakan wisata alam yang berada satu kawasan dengan Taman Nasional Gunung Merapi. Tepatnya di lereng Gunung Merapi, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY. Daerah ini berada di arah selatan Gunung Merapi pada ketinggian sekitar 900 mdpl. Jaraknya dari pusat Kota Yogykarta kurang lebih 25 km. Dengan ketinggian air terjun ini mencapai 30-45 meter bersumber dari mata air Bukit Plawangan.

Kawasan ini dahulu terkenal dengan kolam mata air Tlogo Putri. Namun, Tlogo Putri sudah tidak beroperasi dikarenakan debit air yang menurun. Bagi masyarakat sekitar, tempat ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Masyarakat percaya bahwa kawasan ini pernah digunakan mandi Putri Dewi Condokirono dari Kerajaan Majapahit. Ada yang meyakini pula jika mandi di tempat ini dapat membuat wajah awet muda.

Berbagai aktivias wisata bisa dilakukan kawasan air terjun Tlogo Mucar. Selain tentunya keindahan air terjun setinggi 45-meter ini.

Air Terjun Tlogo Muncar

Saat memasuki kawasan wisata, pengunjung akan disambut dengan jalan setapak berbatu yang sudah tersusun rapi. Dari gerbang masuk hingga menuju ke air terjun, pengunjung perlu berjalan kaki sejauh 500 meter. Di air terjun, pengunjung dapat bermain air di bawah derasnya air yang mengalir dari ketinggian. Pengunjung akan merasakan sensasi segar dari dinginnya air kaki gunung. Bagi yang kurang puas hanya bermain di air terjun, di tempat ini juga terdapat kolam renang.

Pengunjung yang membawa anak dapat memanjakan sang anak di taman rekreasi anak. Di taman ini ada beragam jenis permainan anak seperti jungkat-jungkit dan ayunan. Selain itu ada juga wahana kereta api mini dan bianglala. Bagi yang menyukai kegiatan ekstrim, pengunjung dapat mencoba wahana flying fox. Wahana ini mengajak pengunjung berseluncur dari ketinggian menyebrangi tebing.

Hutan Wisata Monyet

Jika pengunjung terus menyusuri jalan setapak, pengunjung akan menemukan hutan wisata. Di dalam hutan wisata, wisatawan akan disambut oleh segerombolan monyet yang berkeliaran secara liar. Hal tersebut disebabkan karena kawasan ini memang merupakan habitat monyet berekor panjang.

Baca: Wisata Gunung Merapi Dan Berbagai Aktivitas Menarik

Monyet-monyet tersebut tidak akan mengganggu jika tidak diganggu, sehingga tidak perlu khawatir. Pengunjung juga dapat mengabadikan foto bersama monyet-monyet liar ini.

Ada yang berubah dari perilaku monyet-monyet liar disini. Dahulunya monyet-monyet ini mencari makanan dari alam. Namun, sejak kawasan ini dibuka menjadi obyek wisata, monyet-monyet tersebut memakan makanan sisa manusia.

Ada himbauan dari pihak pengelola untuk tidak memberi makan monyet-monyet ini secara langsung Hal tersebut ditujukan agar monyet-monyet tersebut kembali ke perilaku asalnya.

Berkemah – Camping

Bagi yang menyukai kegiatan berkemah, kawasan ini menyediakan lahan yang dapat disewa untuk tempat berkemah. Arena kemah ini kerap digunakan oleh mahasiswa untuk kegiatan malam keakraban.

Dengan berkemah di kawasan ini, pengunjung dapat menikmati keasrian alam di malam hari. Terlebih, di malam hari, suhu udara sekitar wilayah ini sangat dingin.

Baca: Museum Ullen Sentalu Museum Unik di Kaliurang

Bukit Plawangan & Pronojiwo

Jika sudah puas bermain di Kawasan air terjun Tlogo Muncar, tidak ada salahnya jika pengunjung mencoba mendaki Bukit Plawangan. Bukit ini tidak terlalu tinggi sehingga masih layak dicoba bagi para penikmat pemandangan.

Dari atas bukit pengunjung akan disuguhi dengan Menara Pengamatan Elang Jawa dan panorama alam daerah Kaliurang. Di pagi dan sore hari, tempat ini akan diselimuti kabut sehingga pemandangan tertutupi.

Meski jalanannya lumayan terjal, Bukit Pronojiwo tidak sulit untuk didaki oleh segala usia. Hal ini karena jalan untuk menuju puncak Bukit Pronojiwo sudah dilengkapi dengan anak tangga. Dari atas bukit ini, pengunjung akan merasakan suasana sejuk disertai kicauan burung yang menggema. Saat hari cerah, pengunjung juga dapat melihat pemandangan Gunung Merapi dari sisi Barat Daya.

Goa Jepang

Selain Bukit Plawangan & Pronojiwo, pengunjung juga dapat menjelajah Goa Jepang. Goa Jepang merupakan sisa peninggalan Jepang saat menjajah Indonesia. Goa ini merupakan lorong-lorong panjang yang menjadi markas dan tempat persembunyian. Untuk menjelajah gua ini, pengunjung tentu membutuhkan alat penerangan.

Pagelaran Seni

Sejumlah pertunjukan seni juga sering diadakan di tempat ini. Seni yang diperntaskan berbeda setiap harinya. Secara bergantian, kawasan wisata ini yang menampilkan grup-grup kesenian lokal.

Baca: World Landmark Merapi Park Miniatur Dunia Di Lereng Merapi

Beberapa di antaranya seperti jathilan, campur sari, topeng ireng, dangdut, hingga orkes melayu. Pentas seni ini digelar di sebuah panggung hiburan yang berada di Tlogo Muncar. Bagi yang akan menyaksikan pertunjukan ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tlogo Muncar

Wisatawan yang berkunjung ke air terjun Tlogo Muncar akan dikenakan biaya tiket masuk. Harga tiket masuk air terjun Tlogo Muncar terbilang murah. Pengunjung hanya perlu membayar retribusi wisata sebesar Rp8.000. Dengan biaya tersebut, ada banyak pilihan aktivitas yang dapat dilakukan.

Harga Tiket Air Terjun Tlogo Muncar
Tiket Wisata Tlogo Muncar Rp8.000

Jam Buka

Pengunjung sudah bisa mendatangai kawasan wisata Merapi mulai pagi hari. Kawasan wisata Tlogo Muncar ini buka mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Jam Buka
Setiap Hari 07.00 – 17.00 WIB

Fasilitas

Kawasan wisata air terjun Tlogo Muncar Kaliurang menyediakan berbagai fasilitas standar seperti tempat parkir dan toilet. Bagi pengunjung muslim yang hendak melaksanakan ibadah, tempat ibadah juga sudah tersedia. Sejumlah gazebo banyak terlihat di sudut-sudut kawasan wisata ini. Jarak antara gazebo dengan air terjun hanya 100-meter sehingga pengunjung dapat bersantai sambil menikmati air terjun Tlogo Muncar.

Jika sudah puas menikmati air terjun Tlogo Muncar, di kawasan ini banyak sekali warung kecil yang menyediakan makanan. Di areal parkir juga banyak pedagang keliling yang menjual jajanan sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan. Bagi yang ingin berniat bermalam, di sekitar kawasan ini banyak penginapan yang disewakan. Tarif kamar yang disewakan bervariasi, mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu tergantung fasilitas.

Baca: Beramin Air Seru di Jogjabay Waterpark

Angkutan Umum

Tidak sulit untuk mengunjungi air terjun Tlogo Muncar menggunakan angkutan umum. Jika wisatawan datang ke Yogya menggunakan pesawat, dari bandara, wisatawan perlu menaiki Trans Jogja 3A hingga Jalan Kaliurang Km. 10. Dari jalan ini, wisatawan hanya perlu menaiki bus dengan trayek Kaliurang-Condongcatur dan turun di Kawasan Wisata Tlogo Putri. Dari sini, pengunjung hanya perlu berjalan kaki hingga air terjun.

Jika dari Stasiun Tugu, wisatawan perlu berjalan kaki menuju halte Trans Jogja di dekat Malioboro. Kemudian menaiki Trans Jogja 3B untuk turun di Jalan Kaliurang Jika wisatawan dari Stasiun Lempuyangan, wisatawan tinggal menaiki Trans Jogja 4A untuk turun di Jalan Colombo. Selebihnya tinggal menaiki bus Kaliurang-Condongcatur dan turun di Kawasan wisata Tlogo Putri untuk kemudian menuju air terjun.

Tips untuk Wisatawan

Bagi wisatawan yang hendak mengunjungi air terjun Tlogo Muncar sebaiknya datang di musim penghujan. Hal itu disebabkan karena air terjun ini sebenarnya musiman. Kawasan Gunung Merapi terkenal gersang dengan sedikit tanaman. Pada saat musim kemarau, debit air bisa berkurang bahkan parahnya bisa hilang. Sehingga pengunjung tidak akan menemukan keindahan dari air terjun ini.

Alamat & Lokasi Tlogo Muncar

Air Terjun ini berlokasi di Taman Nasional Gungung Merapi, Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman.

3.7 - 3 visitors

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *