Home DI Yogyakarta

Wisata Gunung Merapi: Tiket & 7 Aktivitas Menarik

0
Very PoorPoorFairGoodExcellent 4.44 | 18 votes
Wisata Gunung Merapi
Wisata Gunung merapi salah satu gunung paling aktif di pulau jawa. wikicommons/Richig geo

Gunung Merapi menawarkan keindahan alam Yogyakarta yang paling banyak menarik perhatian wisatawan. Salah satu gunung primitif yang paling aktif di Pulua Jawa. Berlokasi di antara provinsi daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa tengah. Sisi selatan gunung merapi berada di Kabupaten Sleman, sedangkan sisi utara dan timur berada di kabupaten Boyolali. Sementara sisi barat Merapi berada di kabupaten Magelang.

Di era tahun 2000 Gunung merapi pernah meletus tiga kali sejak 2006. Letusan tahun 2006 menyisakan pilu, karena memakan korban nyawa yaitu dua relawan yang terjebak di bunker Kaliadem. Tahun 2010, gunung Merapi meletus dengan letusan terdahsyat dalam kurun waktu 100 tahun terakhir.

Letusannya bersifat eksplosif disertai awan panas yang menerjang dan meluluhlantahkan pemukiman di sekitarnya. Di tahun 2018 Merapi pernah erupsi, namun bersifat freatik dan tidak terlalu berbahaya.

Namun begitu, pesona merapi tidak pernah luntur. Malah menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Berada di ketinggian 2.930 Mdpl, kawasan Merapi berudara sejuk dan tenang, jauh dari bisingnya hiruk pikuk kota. Hal tersebut menjadikan kawasan wisata Merapi patut dimasukkan daftar kunjungan wisata Yogyakarta.

Top Aktivitas Wisata Gunung Merapi

Dengan luas 6.410 hektare, banyak kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan di sini. Di kawasan Merapi terdapat beberapa Objek wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Wisatawan yang berkunjung ke daerah merapi tinggal memilih jenis wisata apa yang disukai. Jika dikategorikan wisata merapi dibagi menjadi beberapat kategori. kategori wisata petualangan, fotografi, dan edukasi. Berikut beberapa tempat wisata di daerah Merapi.

Lava Tour

Jeep Tour Merapi
Jeep Tour bisa digunakan menegelilingi kawasan sekitar merapi. flckr/LWYang

Lava Tour merupakan kegiatan menjelajahi area merapi dengan menggunakan Jeep. Para wisatawan bisa menyewa jeep ini dengan kisaran harga 350 hingga 600 ribu. Harga tersebut tergantung dengan paket yang dipilih bisa paket pendek atau panjang. Setelah memilih paket, petualangan bisa dimulai. Wisatawan akan diajak berkeliling kawasan merapi dan transit di beberapa kawasan menarik.

Batu alien

Kawasan ini biasanya termasuk ke dalam paket Lava Tour. Wisatawan bisa melihat lukisan alam gunung Merapi dengan jelas dari titik ini. Selain itu, wisatawan dapat menikmati pemandangan yang luar biasa. Para wisatawan juga bisa berfoto di kawasan ini. Terdapat beberapa sudut foto yang menarik di sini. Diantaranya sudut foto berlatar gunung Merapi, berfoto bersama burung hantu, dan tentunya berfoto dengan batu alien.

Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem Merapi
Bunker Kaliadem salah satu atraksi wisata yang bisa dikunjungi. flckr/Jeffrey Beall

 

Bunker Kaliadem adalah tempat yang wajib dikunjungi jika kita pergi ke Merapi. Bunker ini menjadi saksi bisu keganasan wedus gembel atau awan panas saat menerjang kawasan ini. Di tempat ini wisatawan bisa menikmati sejuknya udara pegunungan dan melihat kota Yogyakarta dari ketinggian. Di tempat ini juga terdapat banyak sudut foto menarik yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Museum Sisa Hartaku

Museum Ssia Hartaku
Museum sisa hartaku, peninggalan barang warga setelah terkena letusan gunung merapi. filcr/Jeffrey Beall

Museum ini merupakan saksi bisu keganasan Merapi saat erupsi tahun 2010. Tidak ada koleksi berharga di sini, yang ada hanya benda-benda rusak akibat terjangan awan panas gunung Merapi. Beberapa dokumentasi keganasan Merapi di tahun 2010 juga bisa dilihat di sini. Yang unik di sini adalah sebuah jam dinding yang berhenti tepat pada pukul 12.15. Apakah waktu itu menunjukkan saat awan panas menerjang?

Museum Merapi

Berbeda dengan museum Omahku, Museum Merapi ini merupakan sarana edukasi kegunungapian khususnya Merapi. Informasi-informasi mengenai bencana geologi yang lainnya juga bisa didapatkan di sini. Museum ini cocok dikunjungi oleh pelajar karena Informasi yang terdapat di museum ini bersifat rekreatif dan edukatif. Museum ini terletak di jalan boyong dusun banteng Desa hargobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman.

Stonehenge Merapi

Kawasan ini memang paling baru dan sedang populer di Yogyakarta. Kawasan ini merupakan replika Stonehenge yang berada di Inggris. Dengan susunan batu yang bertumpuk rapi mirip Stonehenge yang asli, para wisatawan bisa berfoto di sini. Untuk memasuki tempat ini, wisatawan harus membayar tiket masuk sepuluh ribu rupiah. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 07.00 s/d 18.00 wib.

Tempat Wisata Sekitar Gunung Merapi

Bagi wisatawan yang berwisata ke Gunung Merapai bisa juga menyempatkan mengjungi tempat wisata di sekitar merapi. Museum Ullen Sentalu Salah satunya. Museum ini memiliki keunikan tersendiri mulai dari pintu masuk hingga keluar. Bentuk bangunnan yang berundak dan labirin memberi kesan tersendiri ketika kita menjelajahinya. Simbol-simbol keagungan tanah jawa nampak kental terlihat dari gapura hingga relief-relief yang ada.

Selain museum Ullen Sentalu, wisatawan juga bisa berkunjung ke World Landmark Merapi Park. Tempat wisata yang menawarkan miniatur landmark ikonik Dunia. Seperti: Menara Pisa, Menara Eifel, Big Ben, Patung liberty dan masih banyak lagi.

Jam Buka Wisata Gunung Merapi

Atraksi di desa Kinorejo buka 24 jam. Pengunjung bisa berkemah, mengunjungi museum atau melihat matahari terbit. Waktu yang paling bagus untuk melihat matahari terbit di Merapi sebelum pukul 08.00 pagi. Sedangkan untuk Tour Jeep dan rental sampai pukul 16.00 WIB.

Mount Merapi Slopes Attraction Opening Hours
Kaliadem Bunker, Kalikuning, Museum24 hours

Tiket & Jeep Tour Gunung Merapi

Buat ke tempat-tempat wisata tersebut bisa menggunakan Tour Jeep atau menyewa motor trai. Harga untuk masing-masing paket tour bervariasi tergantung tempat yang dikunjungi dan duras.

Tiket & Sewa Tour
Tiket KaliademRp5.000
Jeep (max. 4 penumpang )Rp350.000 – Rp600.000
Sewa Motor TrailRp50.000 – Rp250.000

Fasilitas Gunung Merapi & Sekaitarnya

Kawasan merapi terus mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat. Penataan lokasi juga sangat diperhatikan dengan baik dan sungguh-sungguh. Fasilitas-fasilitas umum mulai tertata rapih. Seperti di bunker kaliadem, kawasan batu alien dan terminal bus, sudah terdapat fasilitas yang lengkap. Toilet, warung makanan, area untuk berfoto, penginapan, penyewaan kendaraan dan oleh-oleh sudah banyak tersedia.

Angkutan Umum

Untuk menuju ke kawasan Merapi dengan menggunakan angkutan umum, wisatawan bisa memulai dari stasiun Tugu. Wisatawan cukup berjalan ke halte Trans Jogja di Dagen untuk menumpang bus koridor 3B ke jaan Kaliurang. Kemudian wisatawan melanjutkan perjalanan ke Condongcatur. Dari sini, wisatawan bisa mencarter taksi, taksi online, atau ojek untuk menjelajah kawasan Gunung Merapi.

Tips Wisata Kawasan Gunung Merapi

Kondisi fisik wisatawan harus prima untuk menikmati penjelajahan dan menyingkap rahasia-rahasia yang tersembunyi di Merapi. Wisatawan dianjurkan membawa baju hangat agar suhu tubuh terjaga selama tour. Jika wisatawan menggunakan jasa Lava Tour, para wisatawan diharapkan menjaga gadgetnya baik-baik. Karena perjalanannya tidak semulus di jalanan kota, banyak gundukan tanah. Namun, ketegangan itulah yang membuat adrenalin wisatawan terpacu kencang.

Persiapkan uang tunai yang cukup, karena di kawasan ini tidak terlalu banyak ditemukan mesin atm. Selain itu, pastikan baterai gadget dan power bank terisi penuh. Kemudian pilih operator selular yang bisa menjangkau kawasan merapi. Beberapa operator tidak memiliki sinyal kuat di daerah merapi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here