Home Jawa Tengah

Ketep Pass Magelang Pemandangan 5 Gunung

Ketep Pass Magelang
Ketep Pass bisa menjadi pilihan bagi penyuka liburan bertemakan alam.
Very PoorPoorFairGoodExcellent
4,50/4 Review
Loading...
Ketep Pass

Kota Magelang terkenal dengan situs candi Borobudur yang masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia. Selain Candi Borobudur, Magelang juga memiliki keindahan alam dan tempat wisata yang lain. seperti Punthuk Setumbu, Gereja Ayam, Bukit Grenden, Alun-Alun Magelang, dan Ketep Pass. Salah satu dari sekian banyak tempat wisata di Magelang yang pantas dikunjungi adalah Ketep Pass.

Ketep Pass merupakan sebuah kawasan wisata dengan ciri khas wisata kegunungapian. Hampir sama dengan wisata di Kaliadem yang fokus ke wisata gunung Merapi. Letaknya berada di antara gunung Merapi dan Merbabu. Tempat ini diresmikan oleh presiden kelima Indonesia pada tanggal 17 Oktober 2002.

Lokasinya berada di puncak bukit Sawangan yang diapit oleh gunung Merbabu dan Merapi. Dengan ketinggian 1200 mdpl dan luas area 8000 Meter persegi, kawasan wisata ini cukup menjanjikan. Pemandangan pegunungan Merapi dan Merbabu bisa wisatawan nikmati di kawasan ini. Berada di jalur Solo-Selo-Borobudur, membuat tempat ini sangat mudah diakses. Jalanan yang dilalui pun terhitung mulus dan tidak berkelok-kelok.

Aktivitas Wisata

Konsep wisata yang diusung oleh Ketep Pass adalah wisata edukasi kegunungapian, khususnya Merapi. Ketep Pass juga bisa dijadikan alternatif selain kaliadem untuk menikmati panorama Merapi. Di dalam kawasan wisata ini terdapat berbagai fasilitas dan wahana. Di antaranya, museum gunung api, bioskop mini, teropong, tempat bermain anak (play ground) dan gardu pandang.

1. Menikmati Pemandangan Di Atas Gardu Pandang

Selayaknya kawasan wisata di ketinggian, kawasan wisata ketep pass juga memiliki gardu pandang. Di kawasan ini terdapat beberapa gazebo berbentuk persegi empat. Dari tempat ini, wisatawan akan disajikan pemandangan lansekap dan lekuk pegunangan yang hijau. Selain tentu saja kedua gunung kembar, wisatawan juga bisa melihat panorama di sekitarnya yang menyejukkan.

2. Menyaksikan Film Dokumenter Merapi

Bioskop ini bertajuk Ketep Vulcano Theater. Ruangan pertunjukan bisa menampung sekitar 78 orang saja. Selama pemutaran film pengunjung akan menyaksikan serajah Merapi kurang lebih 25 menit. Isi film meliputi, terbentuknya gunung, jalur-jalur pendakian, dan berbagai peristiwa yang mengiringinya.

Kawasan Wisata Ketep Pass. foto: instagram/wisata_magelang

3. Menikmati Pemandangan 5 Gunung

Puncak bukit Sawangan ini bisa didaki oleh wisatawan dengan mudah. wisatawan hanya berjalan menuju pelataran Panca Arga yang berarti lima gunung. Dari tempat ini wisatawan bisa melihat dengan jelas lima gunung yang ada di sekitar Ketep Pass. Kelima gunung itu adalah Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Slamet.

4. Menyaksikan Sejarah Merapi di Ketep Vulcano Centre

Ketep Volcano centre adalah sebuah museum gunung berapi yang memiliki luas kurang lebih 550 meter persegi. Di dalam museum wisatawan dapat melihat miniatur gunung Merapi. Selain itu, wisatawan bisa mempelajari tentang batuan yang membuktikan dahsyatnya letusan. Poster dan gambar-gambar dokumentasi gunung Merapi juga bisa dilihat di museum ini.

5. Menikmati Panorama Dengan Teropong

Memandangi hamparan luas hamparan pegunungan memang menyejukkan mata. Namun wisatawan pasti penasaran dengan detail objek yang dilihat di Ketep Pass. Disini tersedia teropong untuk melihat lebih dekat objek-objek yang berada di jangkauan pandang kita. Teropong ini bisa wisatawan gunakan di puncak panca Arga dan di gazebo gardu pandang.

6. Berburu Matahari Terbit

Pernah melihat gambar anak-anak jaman dulu dengan objek gunung. Anak-anak akan menggambar dua gunung dengan matahari berada di antaranya. Dilengkapi dengan pematang sawah serta sebuah jalan yang menuju gunung. Di Ketep Pass wisatawan bisa melihat gambar imajinasi menjadi kenyataan.

Area Ketep
foto: instagram/wisata_magelang

Wisatawan bisa berburu sunset di Ketep Pass. Jika beruntung wisatawan akan melihat matahari terbit di antara dua gunung, Merapi dan Merbabu. Suasana yang hening, bebas dari suara bising kendaraan di perkotaan. Udara yang sejuk dan warna langit yang menambah jingga khas fajar.

7. Menikmati Hidangan Restoran

Jika mata sudah puas, badan sudah lelah dan perut sudah mulai lapar, wisatawan bisa mengunjungi restoran. Suasana dan udara yang sejuk nampaknya membuat selera makan tinggi. Bertempat di atas Ketep Vulcano Theater, restoran ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Menyantap makananpun menjadi lebih menggugah selera ditemani panorama indah di luarnya.

8. Bamboo Lighting Festival

PEMDA Magelang menggelar Bamboo Lighting Festival untuk menaikkan kepopuleran Ketep Pass. Acara ini bukan acara sembarangan, acara ini diisi dengan berbagai macam penampilan. Di antara penampil itu adalah, Pentas seni budaya, kirab gunungan, pameran Tosan Aji, live music jazz dan akustik. Jika beruntung, wisatawan yang berkunjung tahun ini bisa mengikuti acara sekitar bulan Oktober.

Bambu Light Festival
Bambu Light Festival salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatakn popularitas magelang khususnya Ketep Pass. foto: dispar-magelang

Transportasi Menuju Ketep Pass

Untuk menuju ke Ketep Pass, wisatawan bisa akses dari beberapa titik. di antaranya,

Dari Yogyakarta. Wisatawan naik bus ke Magelang, turun di Blabak. Dari Blabak wisatawan bisa menuju ke Sawangan dengan bus Purba Putra, kemudian dilanjut naik angkutan berwarna pink sampai ke Lokasi.

Dari Salatiga. Wisatawan bisa menuju ke kawasan wisata Kopeng lewat Getasan. Berlanjut ke Gablak, Pakis sebelum sampai di tujuan. Waktu tempuh rute ini kurang lebih 1,5 jam.

Harga Tiket Ketep Pass

Untuk bisa menikmati keindahan alam dari Ketep Pass pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk yang terbilang murah. Harga tiket Ketep Pass hanya dipatok sebesar Rp10.000 per orang. Sedangkan untuk menikmati wahana lain wisatawan akan dibebankan biaya tambahan.

Harga Tiket Ketep Pass
Senin – SabtuRp10.000
Minggu/Hari LiburRp12.500
Sewa Teropong/KoinRp5.000

Fasilitas di Ketep Pass

Pengelolaan tempat ini sangat baik dan professional. Area parkir luas, tempat bermain anak, gazebo, restoran, bioskop, penyewaan teropong dan museum. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan makanan dan minuman. Selain restoran, di kawasan ini juga banyak pedagang-pedagang yang menjajakan berbagai macam makanan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Wisatawan yang hendak berkunjung ke Ketep Pass harap membawa baju hangat atau jaket. Lokasi yang berada di ketinggian membuat tempat ini cukup dingin. Siapkan uang cash untuk parkir, tiket masuk, dan jajan mengisi perut yang kosong. Pastikan mematuhi aturan yang sudah ditetapkan oleh pengelola. Terakhir, jangan membuat kotor dengan membuang sampah sembarangan atau melakukan vandalisme.

Lokasi Ketep Pass

Lebih tepatnya berada berlokasi di desa Ketep, Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here