Home Jawa Barat

Curug Cikaso Sukabumi Tiket & Top 5 Aktivitas

0
Very PoorPoorFairGoodExcellent 4.13 | 8 votes
curug cikaso
Curug Cikaso wisata alam air Terjun di Sukabumi.

Dalam bahasa Sunda Curug merupakan sebutan untuk air yang jatuh dari ketinggian. Dengan kondisi geografis yang berbukit, Jawa barat banyak memiliki curug yang memesona, salah satunya curug Cikaso. Curug ini memiliki tinggi sekitar 8 meter dengan lebar tebing kira-kira 100 meter. Dinamakan Cikaso karena aliran sungainya berasal dari anak sungai Cikaso.

Curug Cikaso memiliki tiga titik air terjun yang masing-masing memiliki nama tersendiri. Curug sebelah kiri diberi nama Curug Asepan, yang tengah Curug Meong dan yang kanan Curug Aki. Keindahan lainnya dari curug ini adalah terdapat kolam yang luas berwarna hijau di dasar curug.

Keindahannya tidak sampai di sana saja, suasana alam dengan pepohonan, air dan suara angina semakin menambah pesona. Suara gemuruh air yang memecah keheningan hutan semakin menambah lengkap suasana di Curug Cikaso.

Suasana Alam Curug Cikaso

Suasana segar akan menyambut wisatawan sesampainya di lokasi Curug Cikaso ini. Hembusan angin dengan percikan air yang jatuh dari ketinggian akan menerpa wajah. Momen seperti inilah yang dinantikan jika wisatawan berkunjung ke air terjun. Apalagi di Curug ini memiliki tiga air terjun dan kolam besar di bawahnya.

Suasana ini pula yang mendorong wisatawan untuk segera menyeburkan diri ke kolam tersebut. Hingga saat ini, Curug Cikaso sendiri masih terbilang sepi dari pengunjung. Memang sangat disayangkan, tempat secantik dan semenarik ini tidak banyak orang yang tahu dan datang berkunjung.

Tempat yang terpencil dan kurangnya sosialisasi dari pengelola dan dinas terkait sepertinya jadi alasan tersendiri. Namun demikian, hal tersebut tidak mengurangi keindahan dan pesona curug Cikaso Sendiri dengan segala keunikannya.

Baca: Nikmati Berbagai Wisata Alam Di Bandung

Curug Cikaso sendiri baik dikunjungi di musim kemarau setelah musim hujan berhenti beberapa minggu. Jika wisatawan berkunjung di musim hujan, dikhawatirkan debit air yang besar malah menghalangi pengunjung untuk beraktivitas.

Namun, di musim kemarau panjang debit air bisa sangat berkurang karena sungai akan kering bahkan tidak ada air sama sekali. Jadi pastikan jika ingin berkunjung ke curug, pengunjung memantau berita tentang curug Cikaso.

curug cikaso sungai
Beberapa alternatif untuk mencapai curug bisa berjalan kaki/trekking atau menggunakan perahu. wikkicommons/kerildoank

Sejarah dan Mitos

Seperti sebagian wisata alam lainnya, curug Cikaso juga memiliki cerita di balik keindahannya. Carita-cerita tersebut kadang sangat dipercaya bertuah sehingga menjadi sebuah aturan yang baku. Tempatnya yang terpencil jauh daru keramaian, menjadikan tempat ini terkenal angker dari dulu.

Masyarakat sekitar mempercayai kolam di bawah sungai Cikaso dihuni oleh makhluk gaib dalam bahasa Sunda disebut Jurig. Jurig yang dipercaya ada di Curug Cikaso adalah Lulun Samak, atau pusaran air menyerupai angin putting beliung.

Aktivitas Di Curug Cikaso

Beberapa aktivitas bisa dilakukan pengunjung di lokasi wisata curug di antaranya.

1. Berjalan Kaki / Trekking

Jarak dari tempat parkir ke Curug Cikaso lumayan jauh. Ada dua alternatif jalan yang bisa dilalui oleh pengunjung. Salah satu cara yang bisa ditempuh pengunjung adalah dengan berjalan kaki.

Namun tidak perlu khawatir dengan capek, karena sepanjang perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa. Di perjalanan, pematang sawah milik warga dan lebat hutan tropis akan menemani suasana hiking pengunjung.

2. Berperahu menyusuri sungai Cikaso

Alternatif kedua untuk sampai di lokasi utama wisata Curug Cikaso selain berjalan kaki, adalah naik perahu. Sungai Cikaso yang cukup lebar dan dalam, sangat memungkinkan untuk dijelajahi memakai Perahu.

Perjalanan sepanjang alur sungai Cikaso sangat indah dan memukau. Untuk menikmati perjalanan ini pengunjung harus mengeluarkan ongkos sekitar Rp. 80.000-Rp.120.000 per satu perahu.

pemandangan curug
Pemandangan alam sekitar Curug menjadi tambahan dayak tarik tempat wisata ini

3. Menikmati kesegaran hembusan angin

Setibanya di lokasi curug, pengunjung akan disambut dengan udara yang segar dan angin yang menghembus. Pepohonan di sekitar curug akan nampak basah karena percikan air yang mengenainya.

Kesegaran inilah yang membuat wisata Alam seperti curug Cikaso, banyak diburu oleh wisatawan. Pengunjung yang benar-benar ingin berwisata dan berlibur dari kepenatan bisa mendapatkannya disini.

4. Berenang di Air Terjun

Tidak lengkap rasanya jika sudah jauh-jauh ke curug Cikaso hanya untuk memandangi keindahannya saja. pengunjung harus mencoba untuk berendam dan berenang di kolam yang berada di bawahnya.

Rasakan kesegaran airnya yang bersentuhan dengan kulit. Tentunya pengunjung akan merasakan seperti pembawa acara petualangan di tv. Namun demikian, peraturan dan arahan dari petugas harus tetap diperhatikan untuk keselamatan.

Para pengunjung harus benar-benar waspada dengan kolam yang berada di bawah curug. Walaupun terlihat seperti mengasyikkan dan menyegarkan, kolam ini memiliki kedalaman sekitar 15 meter. Jadi, tetap jaga keamanan, tidak perlu memaksa berenang jika memang tidak bisa berenang. Tentunya semua pihak tidak ingin terjadi sesuatu yang tidak diharapkan di sini.

5. Berfoto

Selain itu, tempatnya yang asri dengan pepohonan yang rindang, dan rintik air yang turun sangat cocok untuk lokasi berfoto. Walaupun di lokasi ini tidak disediakan spot foto, tapi beberapa sisi bisa dijadikan untuk berfoto.

Seperti di tepi daratan curug Cikaso dengan latar air terjun langsung, atau keindahan curug sendiri bisa dijadikan objek foto. Kolam yang berwarna hijau juga bisa dieksploitasi untuk hasil karya foto yang mengagumkan.

Harga Tiket Curug Cikaso

Jika Curug Cikaso sudah masuk ke dalam daftar kunjugan wisatawan, pastikan kesiapan fisik dan kesehatan. Perjalanan yang jauh dan daerah yang terpencil pasti memakan banyak tenaga dan ongkos.

Untuk masuk ke lokasi Curug Cikaso, pengunjung perlu menyiapkan Rp80.000 – Rp120.000 dengan perahu. Untuk pengunjung yang memilih hiking akan dikenakan tariff Rp3.000 perorang dan biaya kebersihan Rp2.000. selain itu jika wisatawan membawa mobil sendiri atau sewa perlu menyiapkan uang cash Rp27.000 ditambah uang parkir Rp6.000.

Biaya & Harga Tiket Curug Cikaso
TrekkingRp5.000
Sewa PerahuRp80.000 – Rp120.000
ParkirRp6.000

Fasilitas

Untuk fasilitasnya sendiri, tempat wisata curug Cikaso belum terlalu lengkap seperti tempat wisata yang sudah terkenal. Tempat parkir memang sudah ada luas, namun lokasinya sangat jauh dari lokasi.

Kemudian toilet juga hanya ada beberapa, dan itu memang sebanding dengan jumlah pengunjung yang belum banyak. Ada dua buah warung yang bisa pengunjung singgahi untuk menunda rasa lapar dengan beberapa menunya. Perahu sebagai salah satu cara mencapai lokasi sudah sangat cukup tersedia dan layak untuk dinaiki.

Transportasi Umum Ke Curug Cikaso

Untuk mencapai lokasi ini dari pusat kota Sukabumi, pengunjung perlu naik angkot ke Lembur situ. Dari Lembur Situ, lanjutkan naik angkutan menuju Surade kemudian turun di Surade. Lanjutkan naik angkutan menuju Cikaso dengan ojek atau sewa mobil. Perjalanan bisa memakan waktu sekitar 12 jam karena angkot biasanya transit lama di beberapa titik.

Alamat dan Lokasi

Curug Cikaso terletak di Dusun Ciniti Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here