Pantai Indrayanti Yogyakarta

Pasir Putih Di Pantai Indrayanti Yogyakarta

Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai di selatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Nama resmi yang digunakan pemerintah untuk pantai ini sebenarnya bukanlah Indrayanti, melainkan Pantai Pulang Syawal. Masyarakat sekitar kerap menyebutnya dengan sebutan Pantai Pulsa. Sementara nama Indrayanti diambil dari nama sebuah restoran di sekitar pantai ini. Restoran ini cukup dikenal pengunjung, dan seolah menjadi ikon tempat ini.

Semakin lama, pengunjung lebih mengenalnya dengan Pantai Indrayanti. Nama Indrayanti sendiri diambil dari gabungan nama pemilik restoran; bapak Indra dan ibu Yanti. Untuk menuju ke pantai ini, wisatawan harus bersiap untuk menempuh jalan naik turun dan berkelok. Namun tidak perlu khawatir mabuk karena jalannya sudah beraspal mulus.

Suasana Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti kerap diklaim sebagai “Pantai Jogja rasa Bali”. Hal tersebut dikarenakan sejumlah pengunjung yang mengatakan suasana pantai ini serupa dengan Pantai Kuta, Bali. Letak pantainya terapit dengan batu karang raksasa dan bukit-bukit. Kondisi tersebut bagai memberi kesan eksklusif pada pantai ini. Berbeda dengan Parangtritis yang berpasir hitam, pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih, dan tentunya halus.

Sejauh mata memandang pengunjung akan disuguhi dengan panorama birunya laut Samudera Hindia dengan deburan ombak. Pantai Selatan memang khas dengan ombak besar dan angin yang cukup kencang. Sebenarnya pantai ini kurang cocok untuk dijadikan tempat berenang. Hal tersebut disebabkan karena kondisi permukannya yang berkarang dan kedalamannya yang curam. Namun pengunjung tetap diizinkan untuk bermain-main air di tepian.

Jika sedang beruntung, saat tengah bermain air, pengunjung akan menemukan binatang berbentuk seperti balon yang merupakan ubur-ubur. Namun jika menemukannya sebaiknya tidak disentuh. Hal tersebut karena sengatan ubur-ubur cukup menyakitkan di kulit. Tidak hanya itu, terkadang ikan-ikan kecil juga banyak terlihat. Bahkan banyak pedagang yang menjual jaring-jaring kecil untuk menangkap ikan-ikan ini.

Suasana Pantai
Suasana di Pantai yang ramai dengan pengunjung

Di area sisi sebelah kiri pantai, terdapat tebing yang bisa didaki oleh pengunjung. Dari atas tebing ini kita bisa melihat landscape sekitar pantai lebih jelas. Hamparan pantai pasir putih hingga perairan samudera Hindia nan jauh di sana. Pengunjung yang mengambil foto dari tempat ini akan mendapatkan latar pantai yang indah dan luas.

Pantai Indrayanti cukup terkenal dengan kebersihannya. Pihak-pihak yang membuka usaha disini sangat menjaga kebersihan pantai. Tidak hanya itu, pengunjung yang membuang sampah sembarangan di sini pun akan dikenakan biaya denda sebesar Rp10.000. Aturan ini sangat ampuh untuk menjaga kebersihan kawasan pantai.

Baca: Goa Pindul Yogyakarta Cave Tubing Di 3 Zona

Bersantai Menikmati Senja

Bagi yang ingin duduk dan bersantai, sejumlah gazebo terlihat tidak jauh dari bibir pantai. Untuk menyewa gazebo ini dikenakan biaya bervariasi mulai dari Rp30.000. Pengunjung yang ingin menggelar tikar namun cuaca sedang terik juga tidak perlu khawatir. Disini juga tersedia penyewaan payung dengan biaya sebesar Rp20.000. Dengan biaya tersebut, pengunjung sudah dapat menikmati panorama pantai sambil mencoba berbagai macam kuliner yang dijajakan pedagang.

Puncak keindahan pantai ini tentu berada di sore hari, saat terbenamnya matahari. Guratan sinar matahari senja memantul di lautan biru. Pengunjung dapat mengambil foto dengan latar siluet-siluet yang dramatis. Gazebo-gazebo di sore hari pun dilengkapi dengan lampu-lampu redup yang memberikan kesan romantis.

Wahana Permainan di Pantai Indrayanti

Bagi yang senang memacu adrenalin, pengunjung dapat mencoba wahana jet ski. Dengan biaya sebesar Rp250.000, pengunjung dapat merasakan sensasi berkendara dengan motor air selama 15 menit. Pengunjung yang mencoba wahana ini sangat diwajibkan mengenakan pelampung atas dasar keamanan.

Demi keselamatan, pantai ini juga sudah dilengkapi dengan menara pengawas. Di atas menara pengawas ada tim keamanan yang mengawasi sekaligus memantau keamanan para pengunjung.

Gazebo Pantai
Kios dan Gazebo berjajar di tepi pantai dapat digunakan untuk bersanatai menikmati pantai

Selain itu, di kawasan pantai ini juga terdapat taman bermain anak.  Ada beberapa wahana permainan anak yang tentunya aman, seperti perosotan, bangku putar dan panjat tali. Semua wahana permainan anak yang terdapat di Pantai Indrayanti ini gratis digunakan oleh siapa saja.

Di beberapa sudut pengunjung akan menemukan sudut-sudut foto menarik. Salah satunya adalah latar foto yang disiapkan pengelola berbentuk lambang cinta dengan tulisan “Pantai Indrayanti”.

Harga Tiket Pantai Indrayati

Untuk masuk ke kawasan pantai ini, pengunjung perlu membayar biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang. Dengan biaya tersebut, pengunjung juga sudah bisa menikmati pantai-pantai lain di sekitar pantai ini. Diantanya adalah Pantai Baron, Pantai Kukup, dan Pantai Sundak. Untuk biaya parkirnya relatif standar yakni Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Sementara untuk bus akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp15.000.

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti
Tiket Masuk Rp10.000
Parkir Motor Rp2.000
Parkit Mobil Rp5.000
Parkir Bus Rp15.000

Fasilitas

Toilet umum di kawasan pantai ini sudah sangat memadai dan tersedia cukup banyak. Akan tetapi, pengunjung akan dipungut biaya perawatan sekitar Rp2.000 hingga Rp5.000. Bagi pengunjung yang ingin menjalankan ibadah pun sudah disediakan mushala tanpa dipungut biaya. Untuk makanan, di kawasan ini banyak rumah makan yang menyediakan makanan khas laut. Salah satunya yang wajib didatangi tentu Restoran dan Café Indrayanti.

Baca: Goa Jomblang Caving di Hutan Purba

Penginapan

Bagi yang ingin bermalam di pantai ini, tersedia penginapan yang lokasinya cukup dekat dengan pantai. Tarif yang ditawarkan bervariasi dan tersedia dalam bentuk cottage, homestay, hingga hotel mewah. Dimulai dari Rp100.000 untuk penginapan sederhana hingga Rp2.000.000 untuk hotel mewah. Beberapa penginapan terkenal yang dekat dengan pantai adalah Griya Pesisir, Walet Guest House, dan Rock Garden Homestay.

Transportasi Ke Pantai

Agak sulit untuk mengunjungi Pantai Indrayanti menggunakan angkutan umum. Sebab tidak ada angkutan umum yang mengantar tepat sampai di lokasi. Jika wisatawan datang ke Yogya menggunakan pesawat, dari bandara wisatawan perlu menaiki Trans Jogja 1A dan turun di Halte Jalan Solo – Kalasan. Dari sini, wisatawan perlu menyewa angkutan pribadi seperti ojek karena tidak ada lagi angkutan umum menuju kawasan pantai. Selain itu juga, jaraknya menuju Pantai Indrayanti masih8 km.

Jika dari Stasiun Tugu, wisawatan perlu berjalan kaki menuju halte Trans Jogja di dekat Malioboro. Kemudian menaiki Trans Jogja 3A untuk turun di Terminal Giwangan. Jika wisatawan dari Stasiun Lempuyangan, wisatawan tinggal menaiki Trans Jogja 4B untuk turun di Terminal Giwangan. Dari terminal, pengunjung perlu menaiki bus dengan trayek Jogja – Wonosari untuk turun di Terminal Wonosari. Selebihnya pengunjung juga perlu menaiki ojek sebab tidak ada lagi kendaraan umum yang menuju ke pantai.

Tips untuk Wisatawan

Karena jalan menuju pantai ini sangat berkelok, alangkah baiknya pengunjung dalam keadaan sehat. Pengunjung juga disarankan membawa obat anti mabuk perjalanan. Waktu yang paling bagus untuk mengunjungi pantai ini memang di sore hari. Selain karena tidak panas, pengunjung dapat menyaksikan kecantikan senja. Jika ingin bermain air laut di pantai sebaiknya hanya di bibir pantai saja. Sebab laut Gunungkidul berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan terkenal dengan ombak yang besar.

Lokasi Pantai Idrayanti

Namun berbeda dengan Pantai Parangtritis yang berada di Bantul, Pantai Indrayanti berada di Kabupaten Gunungkidul. Lebih tepatnya di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Jaraknya sekitar 65 km dari Pusat Kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

3.3 - 3 visitors

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *